Kompas.com - 09/11/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi pelajar sedang mengasah keterampilan teknis dan nonteknis selama belajar dari rumah. DOK. PEXELSIlustrasi pelajar sedang mengasah keterampilan teknis dan nonteknis selama belajar dari rumah.

KOMPAS.com – Pada Senin (9/11/2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membagikan 11 cara meningkatkan keterampilan teknis (hard skill) dan nonteknis (soft skill) saat pandemi Covid-19.

“Insan Dikti, meskipun sedang masa pandemi Covid-19 kita harus tetap dapat mengasah keterampilan hard skill dan soft skill, loh,” tulis Kemendikbud lewat akun Instagram resminya.

Kemendikbud juga menjabarkan, keterampilan adalah kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide, dan kreativitas untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik.

Baca juga: Mahasiswa, Kemendikbud Sebut 5 Keterampilan agar Jadi Lulusan Berkompeten

Keterampilan teknis biasanya mampu dipelajari oleh setiap individu. Sementara itu, soft skill merupakan keterampilan yang berhubungan dengan orang lain dan diri sendiri.

Umumnya, keterampilan nonteknis dasar atau bawaan yang dimiliki setiap individu dan dapat berkembang seiring berjalannya waktu lewat pengalaman.

Cara kembangkan hard skills

Bagi pelajar yang masih tidak tahu bagaimana cara memulainya dan apa saja yang harus dilakukan, Kemendikbud memberikan enam cara untuk meningkatkan keterampilan di tengah pandemi Covid-19.

1. Kenali minat diri

Mulailah dengan mengenali minat diri karena keterampilan teknis dapat dipelajari.

“Jika minatmu lebih ke dunia editing, maka kamu bisa mulai mengasah hard skill dengan mempelajari software editing,” contoh Kemendikbud.

2. Lihatlah prospek ke masa depan

Salah satu cara memutuskan untuk mempelajari keterampilan yang sesuai dengan minat adalah melihat prospek kariernya di masa depan.

“Beberapa tahun ke depan sekiranya keterampilan apa yang paling banyak diperlukan, maka Insan Dikti bisa memulai mempelajari keterampilan itu,” jelas Kemendikbud.

Apalagi bila pelajar merupakan orang yang memiliki banyak minat dan mampu untuk mempelajari banyak hal baru, tetapi mengalami kesulitan untuk menyaringnya.

3. Cari referensi di internet

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X