Kompas.com - 09/11/2020, 12:14 WIB
Dua siswa SMAN 1 Cisarua dengan produk sepatunya yang kece. Tangkapan layar Instagram Disdik Jawa BaratDua siswa SMAN 1 Cisarua dengan produk sepatunya yang kece.
|

KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan produk Cibaduyut Bandung, dua siswa SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat juga membuat sepatu yang menarik.

Tak hanya menarik, tetapi juga "kece". Bahkan Rachel Anjar Yasih dan Rispa Maulana Sya'ban membuat sepatu yang diberi mereka HIZZ Shoe menggunakan bahan yang ramah lingkungan, yakni kain perca.

Melansir akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) , Jumat (7/11/2020), produk ini juga meraih penghargaan pada 2020 ini.

Menurut Rispa, sebagai limbah nomor empat paling banyak di Indonesia, pemanfaatan kain perca ini membuat sepatu buatannya sangat ramah lingkungan.

Baca juga: Penguatan Peran SMK Penting dalam Membangun Desa

Tingkatkan pendapatan saat pandemi

Selain itu, dalam proses pembuatannya, produk ini juga bermitra dengan perajin sepatu di Cibaduyut untuk meningkatkan pendapatan yang menurun di masa pandemi.

Dari semua keunggulan yang dimiliki itu, HIZZ Shoe meraih medali emas di Festival dan Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2020 bidang fashion.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan Rispa, prestasi tersebut membuatnya sangat bahagia sebab ini adalah buah proses perjuangan.

"Alhamdulillah, kita bisa meraih prestasi setelah enam bulan proses perjuangan membangun sebuah produk," tutur Rispa.

Konsisten berprestasi

Sementara Kepala SMAN 1 Cisarua, Tuti Kurniawati mengatakan, prestasi ini lebih dari sekadar perolehan medali, tetapi sebuah bukti konsistensi.

"SMAN 1 Cisarua tidak pernah absen meraih medali. Ini sejalan dengan moto sekolah 'Tiada Hari Tanpa Prestasi'," katanya seperti dikutip dari akun Instagram Disdik Jabar.

"Kita berhasil mempertahankan konsistensi untuk selalu berprestasi," imbuhnya.

Baca juga: Pesan Ganjar Pranowo untuk Siswa: Kita Pejuang yang Tidak Cengeng!

Jadi, tak ada salahnya jika kita membeli produk dalam negeri. Terlebih karya buatan siswa ini juga menarik dan ramah lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.