Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2020, 17:49 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kalian yang sedang duduk di bangku SMA jurusan bahasa tidak perlu bingung saat mau kuliah. Ada lima jurusan direkomendasikan, agar kalian tak salah jalan dalam mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Jangan kalian remehkan kelima jurusan ini, bila ditekuni dengan serius, maka akan memperoleh manfaat sangat besar, termasuk perjalanan karir cemerlang di masa mendatang.

Baca juga: Peneliti UGM: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Aman dari Risiko Anjlok

Ada lima jurusan yang bisa kalian pilih jika kuliah di perguruan tinggi, yakni Sastra Korea, Sastra Inggris, Sastra China, Pariwisata, dan Broadcasting.

Adapun alasan memilih kelima jurusan itu, terangkum seperti di bawah ini:

1. Jurusan Sastra Korea

Industri korea, khusus K-Pop dan K-drama tengah menjamur di pasar Indonesia. Hal itu menjadikan jurusan Sastra Korea banyak diincar oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi bila kalian mahir dalam bahasa Korea, maka akan dicari oleh perusahaan di luar maupun dalam negeri.

Bagi kalian yang tertari di jurusan Sastra Korea, ada beberapa perguruan tinggi yang menawarkan jurusan tersebut, yakni UI, UGM, dan Universitas Pendidikan Nasional (UPN).

2. Jurusan Sastra Inggris

Bahasa Inggris dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi saat ini dunia kerja membutuhkan pegawai yang mahir dalam berbahasa inggris. Maka dari itu, jika kalian kuliah di Sastra Inggris, maka bisa belajar grammar dan sastra.

Bahkan, di jurusan ini kalian akan dikenalkan dengan semantik, pragmantik, analisis film, analisis postmodern, dan berbagai sejarah peradaban luar negeri.

Dengan begitu, kalian akan memperoleh berbagai ilmu, terdiri dari ilmu penerjemahan, ilmu sastra, dan ilmu linguistik.

Ada beberapa perguruan tinggi favorit terdapat jurusan Sastra Inggris yang bisa kalian incar, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

3. Jurusan Sastra China

Tak hanya Sastra Korea dan Inggris, Sastra China juga mempunyai prospek yang tinggi dalam karir di masa depan. Sebab, banyak perusahaan saat ini sangat membutuhkan tenaga ahli penerjemah bahasa China.

Setidaknya ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan pilihan jurusan Sastra China di Indonesia, yakni UI, Universitas Brawijaya (UB), UGM, dan Universitas Sumatera Utara.

4. Jurusan Pariwisata

Sektor pariwisata sangat menjamur di Indonesia, karena di negeri ini banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk dunia pariwisata. Nah, bagi kalian anak bahasa, maka bisa menggunakan kemampuan bahasa asingnya di jurusan Pariwisata ini.

Pastinya, bila anak bahasa kuliah di jurusan ini, maka kalian dengan mudah bisa mengaplikasikan seluruh ilmu yang dimiliki.

Ada beberapa perguruan tinggi favorit yang menawarkan jurusan Pariwisata, yakni Universitas Pelita Harapan (UPH), UGM, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Udayana.

5. Jurusan Broadcasting

Anak bahasa juga bisa kuliah di jurusan Broadcasting, jika bosan dengan jurusan sastra. Pasalnya, di jurusan ini anak bahasa akan diasah kemampuannya dalam membuat naskah drama dan naskah lainnya yang dibutuhkan di bidang Broadcasting.

Kuliah jurusan Broadcasting ini sudah tersedia di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Esa Unggul, Unpad, dan Universitas Mercu Buana.

Baca juga: Anak IPA Anti-mainstream, Ini Jurusan Kuliah Prospek Kerja Cerah

Jadi kaliah pilih yang mana? Jangan sampai salah pilih, agar ilmunya bisa dimanfaatkan di dunia kerja.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com