Kompas.com - 06/11/2020, 17:49 WIB
Ilustrasi siswa SMA KOMPAS/A HANDOKOIlustrasi siswa SMA

KOMPAS.com - Bagi kalian yang sedang duduk di bangku SMA jurusan bahasa tidak perlu bingung saat mau kuliah. Ada lima jurusan direkomendasikan, agar kalian tak salah jalan dalam mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Jangan kalian remehkan kelima jurusan ini, bila ditekuni dengan serius, maka akan memperoleh manfaat sangat besar, termasuk perjalanan karir cemerlang di masa mendatang.

Baca juga: Peneliti UGM: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Aman dari Risiko Anjlok

Ada lima jurusan yang bisa kalian pilih jika kuliah di perguruan tinggi, yakni Sastra Korea, Sastra Inggris, Sastra China, Pariwisata, dan Broadcasting.

Adapun alasan memilih kelima jurusan itu, terangkum seperti di bawah ini:

1. Jurusan Sastra Korea

Industri korea, khusus K-Pop dan K-drama tengah menjamur di pasar Indonesia. Hal itu menjadikan jurusan Sastra Korea banyak diincar oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi bila kalian mahir dalam bahasa Korea, maka akan dicari oleh perusahaan di luar maupun dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi kalian yang tertari di jurusan Sastra Korea, ada beberapa perguruan tinggi yang menawarkan jurusan tersebut, yakni UI, UGM, dan Universitas Pendidikan Nasional (UPN).

2. Jurusan Sastra Inggris

Bahasa Inggris dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi saat ini dunia kerja membutuhkan pegawai yang mahir dalam berbahasa inggris. Maka dari itu, jika kalian kuliah di Sastra Inggris, maka bisa belajar grammar dan sastra.

Bahkan, di jurusan ini kalian akan dikenalkan dengan semantik, pragmantik, analisis film, analisis postmodern, dan berbagai sejarah peradaban luar negeri.

Dengan begitu, kalian akan memperoleh berbagai ilmu, terdiri dari ilmu penerjemahan, ilmu sastra, dan ilmu linguistik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.