Pelembap Ciptaan UGM, Pertama di Indonesia dengan Vitamin D

Kompas.com - 05/11/2020, 12:27 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Tim peneliti dari FKKMK dan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada ( UGM) mengembangkan produk pelembap tubuh (body lotion) dengan kandungan vitamin D.

Produk bernama Dermavita DHC merupakan produk pelembap pertama di Tanah Air yang diperkaya dengan vitamin D, terutama pro vitamin D3.

Tentu, produk yang telah diluncurkan dalam rangkaian webinar "New Discovery of Moisturizer" pada, Rabu (4/11/2020), tersebut hadir sebagai solusi untuk mengatasi persoalan kulit kering.

Salah satu anggota tim peneliti UGM, Prof Dr dr Hardyanto Soebono, SpKK(K), FINSDV, FAADV, mengatakan, produk ini dikembangkan bersama dengan mitra industri, yakni PT Dion Farma Abadi.

Baca juga: Sebelum Diproduksi Akhir Tahun, GeNose UGM Uji Diagnostik

"Ini menjadi produk pelembap pertama di Indonesia yang diperkaya dengan pro vitamin D3," ujar Hardyanto seperti dikutip dari laman Farmasi UGM, Kamis (5/11/2020).

Jadi alternatif pemenuhan vitamin D

Tak hanya itu, menurut Hardyanto, produk ini juga menjadi lotion pelembap yang memberikan alternatif bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan vitamin D pada tubuh.

Kebanyakan, sumber vitamin D diperoleh dari paparan sinar matahari dan sebagian kecil lainnya didapat dari makanan dan suplemen.

"Kita coba hadirkan memberikan asupan vitamin D secara topikal yang menyasar sel target," imbuhnya.

Peneliti lain, Dr med dr Retno Danarti, SpKK(K),FINSDV, FAADV, menambahkan, inovasi ini memiliki kandungan 7-Dehydrocholesterol (pro-V D3) yang dikombinasikan dengan matrik skin barrier (ceramide, fatty acid, cholesterol).

Kombinasi keduanya dapat membantu meningkatkan:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X