Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2020, 12:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tim peneliti dari FKKMK dan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan produk pelembap tubuh (body lotion) dengan kandungan vitamin D.

Produk bernama Dermavita DHC merupakan produk pelembap pertama di Tanah Air yang diperkaya dengan vitamin D, terutama pro vitamin D3.

Tentu, produk yang telah diluncurkan dalam rangkaian webinar "New Discovery of Moisturizer" pada, Rabu (4/11/2020), tersebut hadir sebagai solusi untuk mengatasi persoalan kulit kering.

Salah satu anggota tim peneliti UGM, Prof Dr dr Hardyanto Soebono, SpKK(K), FINSDV, FAADV, mengatakan, produk ini dikembangkan bersama dengan mitra industri, yakni PT Dion Farma Abadi.

Baca juga: Sebelum Diproduksi Akhir Tahun, GeNose UGM Uji Diagnostik

"Ini menjadi produk pelembap pertama di Indonesia yang diperkaya dengan pro vitamin D3," ujar Hardyanto seperti dikutip dari laman Farmasi UGM, Kamis (5/11/2020).

Jadi alternatif pemenuhan vitamin D

Tak hanya itu, menurut Hardyanto, produk ini juga menjadi lotion pelembap yang memberikan alternatif bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan vitamin D pada tubuh.

Kebanyakan, sumber vitamin D diperoleh dari paparan sinar matahari dan sebagian kecil lainnya didapat dari makanan dan suplemen.

"Kita coba hadirkan memberikan asupan vitamin D secara topikal yang menyasar sel target," imbuhnya.

Peneliti lain, Dr med dr Retno Danarti, SpKK(K),FINSDV, FAADV, menambahkan, inovasi ini memiliki kandungan 7-Dehydrocholesterol (pro-V D3) yang dikombinasikan dengan matrik skin barrier (ceramide, fatty acid, cholesterol).

Kombinasi keduanya dapat membantu meningkatkan:

  • hidrasi kulit
  • meningkatkan skin barrier
  • membantu terapi dermatitis atopik

Dia mengatakan, vitamin D merupakan salah satu zat aktif yang memiliki mekanisme kerja dalam proses terjadinya kulit kering secara molekuler.

Secara klinis, penambahan vitamin D topikal dapat meningkatkan kelembapan pada kulit kering.

Dengan begitu, bisa mengatasi persoalan kulit kering yang mengganggu secara kosmetik dan menurunkan penetrasi bahan iritan dan alergen.

Cara pemakaian

Adapun cara pemakaian produk ini dengan mengoleskan lotion secukupnya secara merata pada bagian tubuh yang diinginkan.

Cara menggunakan produk yang juga diteliti oleh peneliti lain, yaitu Dr rer nat Ronny Martien, MSi, serta Dr apt Adhyatmika, M Biotech, tersebut ialah 1-2 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof Dr Paripurna, SH, M Hum, LLM, memberikan apresiasi terhadap peluncuran produk tersebut.

Baca juga: Webinar UGM: Begini Cara Meraih Peluang Kerja Saat Pandemi

Ia mengatakan, penemuan baru selalu menjadi harapan utama dari UGM. Sebab, keberhasilan universitas diukur secara riil dari berapa banyak produk penelitian yang berhasil dihilirkan.

"Selamat atas hilirisasi produk Dermavita DHC dan kita tunggu produk-produk lainnya," ucap Prof Paripurna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com