9.436 Lulusan Lolos CPNS 2019, Ini Tanggapan Universitas Terbuka

Kompas.com - 05/11/2020, 11:41 WIB
Wapres KH. Maruf Amin dalam sambutan acara Wisuda Universitas Terbuka Periode II yang digelar secara daring pada Selasa, 21 Juni 2020.
DOK. UTWapres KH. Maruf Amin dalam sambutan acara Wisuda Universitas Terbuka Periode II yang digelar secara daring pada Selasa, 21 Juni 2020.

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara ( BKN) baru saja merilis data jumlah peserta yang lolos tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Dari jumlah 138.791 peserta yang lulus, sekitar 9.436 diantaranya merupakan alumni Universitas Terbuka ( UT).

Kabar gembira ini direspons positif Rektor UT Prof Ojat Darojat melalui rilis resmi (4/11/2020). Menurut Prof. Ojat, banyaknya lulusan UT yang lolos CPNS 2019 tersebut memberikan 3 makna bagi UT.

"Pertama, hal ini mencerminkan kualitas kurikulum UT yang semakin baik. Bahan ajar yang dikembangkan, layanan bantuan belajar yang diselenggarakan serta kegiatan evaluasi hasil belajar yang dirancang telah memungkinkan setiap lulusan UT memperoleh pengalaman kuliah yang optimal sesuai dengan profil kualitas lulusan yang diharapkan," ungkap Prof. Ojat.

Ia menambahkan, "bahan ajar, kualitas proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar di UT dikawal secara jelas dan tegas serta dikendalikan melalui sistem penjaminan kualitas internal yang sangat ketat sehingga mutu lulusan UT sangat terjamin."

Baca juga: Wisuda UT Korsel, Menlu Retno: Tetap Nyalakan Semangat dan Optimisme

Pemerataan kualitas pendidikan tinggi

 

"Mereka adalah orang-orang terpilih yang telah sukses menghadapi berbagai kendala dan rintangan dalam belajar jarak jauh. Keberhasilan setiap mahasiswa UT sangat tergantung pada upaya dan kerja keras mereka sendiri dengan dukungan penuh UT," kata Prof. Ojat.

Untuk mendukung kesuksesan belajar mahasiswa, lanjut Prof. Ojat, pihaknya juga telah melakukan beragam terobosan dengan menyediakan beragam kegiatan ekstra kurikuler.

Beberapa terobosan dilakukan, antara lain; pelatihan dan workshop keterampilan belajar jarak jauh, kemudian mengedukasi mahasiswa untuk meningkatkan literasi dalam bidang komputer dan internet sebagai kebutuhan utama hidup di era revolusi industri 4.0.

Begitu pula dengan kegiatan-kegiatan disporseni untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa.

Makna kedua bagi UT, banyaknya lulusan UT yang diterima sebagai CPNS juga mencerminkan mutu pendidikan di UT yang terstandar dan dapat diimplementasikan dengan baik di seluruh pelosok Nusantara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X