UI Terbaik di Indonesia Versi "U.S News & World Report"

Kompas.com - 05/11/2020, 11:20 WIB
Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro Dok. Sinar MasRektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro

KOMPAS.com - Universitas Indonesia ( UI) masuk daftar Best Global University Ranking versi U.S News & World Report, sebuah perusahaan media yang berpusat di Washington DC.

Pemberian peringkat dari media ini baru pertama kalinya untuk perguruan tinggi asal Indonesia.

Pada daftar peringkat itu, UI berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia, atau berada di peringkat ke-831 di dunia dan peringkat ke-192 di Asia. Pemeringkatan edisi ketujuh yang dirilis pada 20 Oktober 2020 ini dilakukan terhadap 1.500 perguruan tinggi terbaik di dunia yang tersebar di 86 negara.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Tiga peringkat teratas universitas terbaik di dunia menurut U.S News adalah Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, dan Stanford University. Di Asia, tiga peringkat teratas adalah Tsinghua University, China; National University of Singapore; dan Nanyang Technological University.

U.S News & World Report menentukan pemeringkatan tersebut melalui 13 indikator, yaitu: reputasi riset tingkat global, reputasi riset tingkat regional, publikasi ilmiah, buku, dan konferensi.

Kemudian, indikator dampak sitasi, total sitasi, jumlah dan persentase publikasi yang termasuk ke dalam 10 persen paling banyak dikutip, kolaborasi internasional, serta jumlah dan persentase makalah yang termasuk dalam 1 persen teratas yang paling banyak dikutip pada bidangnya masing-masing.

Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan rasa bangga atas pencapaian ini. Peringkat yang diberikan ini secara konsisten masuk dan direkognisi oleh berbagai lembaga pemeringkatan bergengsi dunia. Pencapaian ini bukan hanya milik UI semata, melainkan juga prestasi bagi pendidikan tinggi nasional.

"Dengan masuknya nama UI ke dalam daftar peringkat, maka akan membuka peluang luas untuk dikenal dan dilihat pada panggung pendidikan global," ungkap dia, dilansir dari laman UI, Rabu (4/11/2020).

Ari mengatakan, UI tengah melebarkan sayapnya untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi dunia, serta pemerintah dan industri.

Meski di tengah disrupsi akibat pandemi Covid-19, kata dia, kolaborasi dan kerja sama merupakan kunci utama.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia Jurusan Teknik Versi THE WUR 2021

"Jadi, peringkat bukanlah tujuan utama, melainkan menyadari dan memenuhi indikator yang dalam pemeringkatan tersebut bisa menjadi pemicu sivitas akademika UI agar bisa lebih berlari ke depan," tutup dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X