Kompas.com - 04/11/2020, 10:07 WIB
Merdeka Belajar Episode 6: Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi Dok. KemendikbudMerdeka Belajar Episode 6: Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut akan meningkatkan anggaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 2021.

Porsi peningkatannya sebesar Rp 1,3 triliun, yakni dari Rp 2,9 triliun di 2020 menjadi Rp 4,2 triliun di 2021.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode 6: Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi, Selasa (3/11/2020).

Nadiem mengatakan, Merdeka Belajar Episode Keenam lahir dengan fokus pada pembangunan SDM unggul di jenjang pendidikan tinggi.

Baca juga: Lulusan S1-S2, Kemendikbud Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Kabalitbangbuk

Perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta, jelas Nadiem, harus bergerak lebih cepat agar dapat bersaing di tingkat dunia. Sehingga, fokus pengembangan perguruan tinggi bukan hanya dari sisi kuantitas, tetapi juga kualitas.

“Di sisi peningkatan mutu, kita harus menciptakan lulusan yang lebih baik lagi. Di sisi pendanaan per mahasiswa pun, Indonesia masih relatif lebih rendah dibandingkan negara-negara lain. Maka, Kemendikbud meningkatkan anggaran dalam konteks kinerja, untuk mencapai mutu yang kita inginkan," terang Nadiem dalam keterangan tertulis di laman Kemendikbud, Rabu (4/11/2020).

Dana pemerintah untuk pendidikan tinggi yang berada pada angka Rp 2,9 triliun di 2020, lanjut dia, akan ditingkatkan sebanyak 70 persen pada 2021 menjadi Rp 4,95 triliun.

Baca juga: 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud Nadiem di Tahun 2021

8 Indikator Kinerja Utama (IKU)

Nadiem juga menerangkan Merdeka Belajar Episode Keenam mencakup tiga terobosan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia yaitu:

  1. Insentif berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama (untuk PTN).
  2. Dana penyeimbang atau matching fund untuk kerja sama dengan mitra (untuk PTN dan perguruan tinggi swasta (PTS).
  3. Program Kompetisi Kampus Merdeka atau competitive fund (untuk PTN dan PTS).

Kebijakan pertama pada Merdeka Belajar Episode Keenam adalah insentif kinerja yang disediakan bagi PTN, didasarkan pada capaian delapan Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Untuk pertama kalinya, tambahan pendanaan PTN akan dihitung berdasarkan capaian delapan IKU,” tutur Mendikbud.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X