5 Keterampilan Ini Penting Dimiliki Pelajar dan Mahasiswa untuk Masa Depan

Kompas.com - 03/11/2020, 10:41 WIB
Poster unggahan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian dan Kebudayaan terakit keterampilan 5C yang penting untuk masa depan pada Senin (2/11/2020) di Instagram Ditjen Dikti. DOK. DITJEN DIKTI KEMENDIKBUDPoster unggahan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian dan Kebudayaan terakit keterampilan 5C yang penting untuk masa depan pada Senin (2/11/2020) di Instagram Ditjen Dikti.

 

KOMPAS.com – Menghadapi bonus demografi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menyampaikan ada 5 keterampilan penting dimiliki siswa untuk agar dapat berhasil di masa depan.

Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kemendikbud menjelaskan pelajar dan mahasiswa merupakan bagian dari usia produktif yang perlu mempersiapkan diri.

“Insan Dikti dan mahasiswa Indonesia yang menjadi bagian dari usia produktif perlu menyiapkan diri sejak dini dengan mengasah dan meningkatkan keterampilan 5C,” tulis Ditjen Dikti pada Senin (2/11/2020) lewat akun Instagram resminya.

Baca juga: Sering Gagal? Ini 6 Tips Agar Tak Mudah Menyerah bagi Mahasiswa

Masa bonus demografi merupakan keadaan di mana jumlah penduduk berusia produktif (15 hingga 64 tahun) lebih besar daripada penduduk berusia tidak produktif (65 tahun ke atas).

Mulai tahun ini, Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa Indonesia memasuki masa bonus demografi sampai 2035.

Jumlah penduduk usia produktif pun mencapai hampir 70 persen dari total penduduk di Indonesia.

Dengan kondisi demografi ini, negara mendapatkan "bonus" atau keuntungan dalam ekonomi melalui peningkatan pendapatan per kapita atau rata-rata pendapatan penduduk suatu negara (akumulasi aset).

Demi memanfaatkan masa bonus demografi sebaik-baiknya, pelajar dan mahasiswa dapat mempersiapkan keterampilan 5C yang penting agar dapat bersaing secara global.

“Untuk menyambut masa bonus demografi Indonesia, perlu disikapi dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keterampilan-keterampilan agar siap bersaing secara global,” imbuh Ditjen Dikti.

Berikut ini merupakan lima keterampilan utama yang perlu dimiliki pelajar dan mahasiswa pada 2020.

1. Pemecahan Masalah (Complex Problem Solving)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X