Diikuti 200.000 Guru, Ini Cara Daftar Program Guru Belajar Kemendikbud

Kompas.com - 03/11/2020, 10:22 WIB
Program ?Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19? Dok. KemendikbudProgram ?Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19?

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Iwan Syahril mengatakan, sebanyak 53,55 persen guru-guru didapati masih kesulitan dalam manajemen kelas selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Sebanyak 49,24 persen guru kesulitan dalam melakukan asesmen pembelajaran selama PJJ. Sementara sebanyak 48,45 persen guru kesulitan dalam menggunakan teknologi pembelajaran selama PJJ.

Sebagai respon menjawab permasalahan guru tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) telah meluncurkan Program “ Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19”.

Baca juga: Kemendikbud Buka Program Beasiswa Kualifikasi S2 bagi Guru

"200 ribu pendaftar Program Guru Belajar Seri Pandemi Covid-19 telah ambil bagian untuk menjadi bagian dari perubahan pendidikan! Ayo belajar bersama dan segera daftarkan diri Anda," tulis akun Instagram Ditjen GTK Kemendikbud, Selasa (3/11/2020).

Tingkatkan kompetensi guru selama PJJ

Hingga kini, belasan ribu sertifikat sudah bisa diunduh bagi peserta yang menuntaskan Bimtek Angkatan 1 pada program Guru Belajar.

Menariknya, guru dapat mengatur sendiri waktu belajar sesuai kesibukan masing-masing. Guru juga bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain untuk menyelesaikan semua tahapan program.

Berikut sejumlah tujuan utama program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19:

Baca juga: Kemendikbud Bakal Upayakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

  • Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan.
  • Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa.
  • Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
  • Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

Tahap pelaksanaan

Melansir laman Guru Belajar, berikut adalah jadwal pelaksanaan program Berdasarkan tahapannya:

Tahap 0: Orientasi

Orientasi program membekali peserta dengan latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.

Baca juga: Kemendikbud: Asesmen Nasional Dilakukan Murid, Guru dan Kepala Sekolah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X