Kemendikbud Gelar 5 Webinar Gratis Asah Kemampuan Guru, Ini Jadwal dan Tautannya

Kompas.com - 02/11/2020, 10:58 WIB
Poster Indonesia Edu Webinars dengan tema Keterampilan Mengajar, Keahlian Abad 21, dan Literasi Dasar yang diunggah oleh Instagram resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Minggu (1/11/2020). DOK. DITJEN GTK KEMENDIKBUDPoster Indonesia Edu Webinars dengan tema Keterampilan Mengajar, Keahlian Abad 21, dan Literasi Dasar yang diunggah oleh Instagram resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Minggu (1/11/2020).

KOMPAS.com – Minggu ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali memberikan 5 web seminar gratis untuk mengasah keterampilan mengajar, keahlian abad 21, dan literasi dasar untuk guru.

Lewat akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kemdikbud mengatakan, guru harus berubah agar tidak tergerus oleh waktu.

“Memasuki awal November menjadi pertanda bahwa tahun 2020 segera berakhir. Jika kita tidak berubah, maka kita harus bersiap untuk tergerus oleh waktu,” tulis Ditjen GTK pada Minggu (1/11/2020).

Baca juga: Kemendikbud Bakal Upayakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

Bersama REFO Indonesia, Google Educators Group, dan Google for Education, Kemdikbud pun kembali menyelenggarakan Indonesia Edu Webinars untuk guru sejak Senin (2/11/2020) hingga Jumat (6/11/2020).

Dalam sesi Indonesia Edu Webinars pekan ini, Kemdikbud akan membahas lebih dalam seputar literasi dasar terkait bagaimana mengajarkan konsep dan keilmuan kepada anak didik melalui cerita.

“Ada sesi tentang strategi membaca literatur akademis dengan cepat dan tepat. Juga sesi lanjutan tentang menjaga kesehatan mental pada remaja dan guru, khususnya terhadap gangguan bipolar,” imbuh Ditjen GTK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Kemdikbud mengajak pengajar untuk mempelajari cara mengembangkan karakter atau tokoh dalam pembuatan konten untuk membangun keterampilan belajar mengajar yang baru.

Mengingat kurikulum saat ini, Kemdikbud juga memperkenalkan pengajar tentang pembelajaran interdisipliner yang merupakan salah satu konsep penting dalam kerangka (framework) keterampilan abad 21.

Ditjen GTK berharap agar kelima web seminar ini bisa mempersiapkan guru dan anak didiknya untuk menyambut abad ke-21.

“Semua sesi minggu ini diharapkan bisa memperlengkapi guru-guru dan anak didiknya dimanapun mereka berada, dalam persiapan menyambut abad 21,” ungkap Ditjen GTK.

Berikut ini merupakan daftar jadwal dan tautan untuk mengikuti Indonesia Edu Webinars pekan ini.

Senin, 2 November 2020

Dari Cerita Sampai Menjadi Ilmu
Waktu: pk. 11.00 – 12.00 WIB
Pembicara: Debbie Khumara
Tautan: bit.ly/ceritailmu 

Selasa, 3 November 2020

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X