Kemendikbud Luncurkan Buku Khusus KKN Tematik Mahasiswa

Kompas.com - 28/10/2020, 18:45 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan tanggapan tentang rekomendasi Panitia Kerja (Panja) Pembelajaran Jarak Jauh dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Rapat kerja tersebut  membahas tentang laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2019, proses hibah hak paten merdeka belajar serta kebijakan sekolah yang berada dalam zona hijau COVID-19. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARIMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan tanggapan tentang rekomendasi Panitia Kerja (Panja) Pembelajaran Jarak Jauh dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Rapat kerja tersebut membahas tentang laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2019, proses hibah hak paten merdeka belajar serta kebijakan sekolah yang berada dalam zona hijau COVID-19. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud), Nadiem Makarim menyebutkan, Kemendikbud telah meluncurkan buku panduan khusus untuk kalangan kampus yang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

"Praktik baik implementasi KKN Tematik, tertuang dalam buku yang diluncurkan pada hari Sumpah Pemuda ini,” ucap Menteri Nadiem dalam webinar Anak Muda Bawa Perubahan, Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Baca juga: Mendikbud: Mahasiswa dan Dosen Banyak Berinovasi Saat Pandemi Covid-19

Dengan buku itu, dia mengharapkan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa bisa terinspirasi dalam memberikan kontribusi dan perubahan positif pada bangsa dan negara.

Dia menegaskan, program KKN Tematik mahasiswa ini perlu dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Dengan begitu bisa menjadi alat pendorong empati di kalangan perguruan tinggi.

"KKN menguatkan empati untuk setia kawan antar sesama, ini juga untuk memberikan solusi permasalahan sosial yang terjadi saat ini," tegas dia.

Program kegiatan KKN Tematik ini, dia mengaku, pihak Kemendikbud sudah menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Setidaknya, kata Nadiem, ada 5.600 mahasiswa yang perguruan tinggi dalam program KKN Tematik. Semua mahasiswa itu diturunkan dari 200 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

"Kita fokuskan dalam mengedukasi ke masyarakat untuk mengadaptasi kebiasaan baru. Sekaligus aktualisasi merdeka belajar yang sedang saat ini lagi didorong," tuturnya.

Nadiem juga mengapresiasi penuh atas semangat dan inisiatif yang dijalankan oleh perguruan tinggi untuk menjalankan kegiatan pengabdian ke masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Nadiem Ajak Pemuda Jadi Agen Perubahan

"Dengan karya nyata tidak sekedar wacana saja, ini mereka lakukan. Mereka lakukan untuk mengabdi ke negeri ini, selamat berjuang untuk mengabdi," tukasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X