Hari Sumpah Pemuda, Pramuka Bentuk Satgas Relawan Penanggulangan Covid

Kompas.com - 28/10/2020, 14:50 WIB
Ketua Kwarnas Pramuka Wasesa dalam Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, (28/10/2020). DOK. KWARNAS PRAMUKAKetua Kwarnas Pramuka Wasesa dalam Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, (28/10/2020).

KOMPAS.com - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan Nasional Budi Waseso secara tegas menepis anggapan gerakan Pramuka mengalami mati suri selama pandemi Covid-19. Sebaliknya Pramuka justru turut ambil peran dalam gerakan kedisplinan dan kepedulian penanganan pandemi ini.

Ketegasan ini disampaikan Budi Waseso dalam Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, memperingati Hari Sumpah Pemuda, Rabu, 28 Oktober 2020.

Kegiatan yang melibatkan 300 orang relawan Pramuka Peduli se-Jabodetabek ini menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Sebenarnya Pramuka tidak vakum. Kita mengikuti program Menteri Pendidikan untuk menjalankan pendidikan tanpa tatap muka. Jadi kita tidak pernah berhenti. Meski secara fisik kita tidak tampil di lapangan, kita tetap bekerja sesuai bidang masing-masing," tegas Budi Waseso.

"Termasuk nanti ini bagaimana Satgas Pramuka bekerja di seluruh Indonesia. Jadi kita tidak hanya tampil untuk dilihat namun juga untuk hasil kerja nyata," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Minta Pramuka Bikin Dua Gerakan Ini untuk Hadapi Pandemi

Ia menambahkan, "itulah sebabnya, kami mendukung tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini, yaitu 'Bersatu dan Bangkit'. Tema tersebut sejalan dengan apel kesiagaan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 yang diselenggarakan hari ini."

"Kita semua harus bersatu dan bangkit untuk menanggulangi dampak pandemi," pesan Budi Waseso.

Teladan gerakan disiplin dan kepedulian

Ketua Kwarnas Pramuka Wasesa dalam Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, (28/10/2020).DOK. KWARNAS PRAMUKA Ketua Kwarnas Pramuka Wasesa dalam Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, (28/10/2020).

Dalam sambutannya, Ketua Kwarnas menyampaikan saat ini peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 ini berlangsung dalam suasana prihatin.

"Seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahkan dunia sedang dalam keadaan krisis, akibat adanya pandemi Covid-19. Bermula dari krisis kesehatan, kini menjadi krisis ekonomi," ungkap Budi Waseso.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X