Sumpah Pemuda, Animakini Gelar "Nobar" Animasi Indonesia Gratis, Ini Link-nya

Kompas.com - 28/10/2020, 08:00 WIB
Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Animakini 2020 Fakultas Seni Rupa IKJ menggelar Kolaborasi Sebulan Nonton Bareng Animasi Indonesia yang akan digelar Rabu, 28 Oktober 2020. DOK. ANIMAKINI Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Animakini 2020 Fakultas Seni Rupa IKJ menggelar Kolaborasi Sebulan Nonton Bareng Animasi Indonesia yang akan digelar Rabu, 28 Oktober 2020.

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Animakini 2020 Fakultas Seni Rupa IKJ menggelar "Kolaborasi Sebulan Nonton Bareng Animasi Indonesia" yang akan digelar Rabu, 28 Oktober 2020.

Kegiatan "nobar" (nonton bareng) animasi Indonesia ini merupakan hasil kolaborasi Animakini (Animasi Cikini) dan Asosiasi Industri animasi Indonesia (Ainaki), Asprodi DKV Indonesia bersama 29 institusi pendidikan dari SMK serta kampus di Indonesia.

Kegiatan menayangkan karya animasi dari tugas akhir siswa/ mahasiswa sebagai gerakan mengangkat potensi seni, budaya, kepahlawanan, dan wisata nusantara untuk menjalin komunikasi dan kerjasama antar institusi mempromosikan karya animasi Indonesia.

Tujuan nonton bareng secara daring animasi Indonesia ini untuk mengukur dan mengevaluasi kuantitas dan kualitas karya animasi dari semua institusi yang memiliki mata kuliah animasi.

Tidak hanya itu, ke depan diharapkan akan muncul kerja sama peningkatan kualitas sumber daya manusia dari institusi terlibat untuk saling berbagi pengetahuan berintegrasi dengan Ainaki, pemerintah daerah, komunitas, dan media untuk kemajuan bersama.

Baca juga: Animakini 2020, Rektor IKJ: Animasi Indonesia Harus Tetap Bergerak

Semangat Sumpah Pemuda

"Ketika kita berjalan sendiri-sendiri untuk mempromosikan karya animasi dari masing-masing institusi terjadi keterbatasan konten dan budaya yang ingin ditampilkan," jelas Ehwan Kurniawan, Ketua Pelaksana Animakini 2020.

Namun, tambahnya, ketika institusi pendidikan memiliki visi dan misi sama untuk menampilkan karya animasi dari karya akademik akan terlihat keragaman, keunikan, dan potensi besar yang bisa ditonjolkan dari ciri khas Indonesia yang kaya akan budaya.

"Keragaman dan perbedaan itu harusnya bisa menjadi kekuatan Indonesia yang bisa menjadi tontonan yang mengedukasi dan menambah pengetahuan generasi muda. Dengan kebersamaan animasi Indonesia mampu dan bisa go internasional," tegas Ehwan.

Kegiatan akan berlangsung pada Hari Sumpah Pemuda (28/10/2020), mulai pukul 13.00-17.00 WIB melalui link pendaftaran nonton daring: http://bit.ly/nobaranimakini2020

Ke-30 institusi terlibat meliputi:

  1. Animasi ISI Yogyakarta (Rocket to rocket)
  2. Animasi Udinus Semarang (Plastic)
  3. Binus Animation, Jakarta & Tangerang (Aquiescence)
  4. Deskov FSR IKJ Jakarta (A Brief of Jakarta)
  5. DKV Universitas Bunda Mulia, Jakarta (Go Alex)
  6. DKV Universitas Mercu Buana (Perkampungan Budaya Betawi)
  7. DKV Universitas Tarumanagara, Jakarta (One in a milion)
  8. DKV Universitas Pelita Harapan, Tangerang (Gede)
  9. DKV ITB Bandung (Fomophobia)
  10. DKV Universitas Maranatha , Bandung (Sudara-Renjana)
  11. DKV Universitas Telkom, Bandung (Legenda Paser Putri Petung)
  12. DKV Universitas UPI, Bandung (Cook Assigment 2)
  13. DKV Universitas Sahid Surakarta (Ayo Terapkan Hidup Sehat)
  14. DKV Universitas Soegijapranata, Semarang (Bellspalsy)
  15. DKV ITS Surabaya (Kabatara)
  16. DKV UK Petra Surabaya (Dulie)
  17. FFTV IKJ Jakarta (Hope)
  18. FTV Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang (Thinking-Out-loud)
  19. FTV ISI Surakarta (Rempah Nusantara)
  20. FTV ISI Denpasar (Pencegahan Virus Corona)
  21. Politeknik Negeri Batam (Sebangsa tak Sebahasa)
  22. Politeknik SSR (Serangan Kadet 1947)
  23. Unikom Bandung (Super Nelli (Lomba Menari)
  24. SMKN 1 Ciomas (Cultural Soul)
  25. SMKN 3 Tangsel (Sari Mulya)
  26. SMKN 12 Surabaya (Yellow Jack)
  27. SMKN 4 Malang (Kiwa)
  28. STIKI Bali (Makna Ogoh-ogoh)
  29. Universitas Budi Luhur (Ayo Menabung)
  30. Universitas Amikom Yogya (Peephole)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X