Menemukan Kebahagiaan Hidup dalam 3 Hari

Kompas.com - 26/10/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi remaja DOK. PIXABAYIlustrasi remaja

Oleh: Shafira Amanita | Editor Penerbit M&C!

KOMPAS.com - Kalian pasti tahu kalau hidup manusia adalah hal yang tak ternilai dan sangat berharga, tidak bisa ditukar dengan apa pun di dunia ini. Nah, sekarang coba bayangkan, jika hidup manusia bisa dihitung dengan uang, menurut kalian kira-kira berapa nilainya?

Jika hidup seseorang bisa dinilai dengan uang, faktor apa yang mempengaruhi perhitungan tersebut? Sebagian orang mungkin akan menjawab kebahagiaan. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan kebahagiaan? Apakah bertemu dengan teman masa kecil yang dirindukan?

Atau kebahagiaan dapat ditemukan dalam hal yang sangat sederhana dan tidak ada gunanya sama sekali, yaitu ketika berkeliling kota untuk memotret mesin penjual otomatis bersama seorang wanita yang sama menyedihkannya seperti dirimu?

Pencarian kebahagiaan

Kusunoki, sang tokoh utama, adalah pria yang sejak kecil selalu percaya kalau jika hidup manusia bisa dihitung dengan uang, hidupnya akan memiliki harga yang lebih tinggi dari manusia lain.

Baca juga: Peluncuran Virtual Buku Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself

Namun, di usia dua puluh tahun, dia mengunjungi sebuah toko yang bisa membeli sisa hidupnya, dan dihadapkan pada kenyataan bahwa nilai yang diberikan pada dirinya adalah harga minimal toko tersebut.

Apa yang dihadapi Kusunoki, si tokoh utama, dalam novel ini sangat terhubung dengan masalah di kehidupan sehari-hari kita yaitu mengenai isu kebahagiaan dan kesuksesan.

Bagaimana setelah mengetahui nilai yang diberikan pada dirinya, Kusunoki lantas mempertanyakan apa yang dimaksud dengan kesuksesan dan kebahagiaan.

Namun, dalam perjalanannya, Kusunoki mulai menyadari kalau faktor terbesar yang mempengaruhi nilai seseorang bukanlah kesuksesan, atau besarnya rasa bahagia dalam menjalani kehidupan, atau bagaimana orang tersebut membuat orang di sekitarnya bahagia, atau sebesar apa mimpi yang dapat diraihnya, atau besarnya kontribusi yang dia lakukan di masyarakat.

Melainkan hal lain yang lebih sederhana lagi...

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X