Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kembali Raih Juara Umum Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang IT

Kompas.com - 26/10/2020, 12:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) kembali menjadi juara umum pada kompetisi mahasiswa nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Gemastik ke-13 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gemastik merupakan pagelaran mahasiswa tingkat nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang merupakan program Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbud.

Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan di dalam Gemastik semakin meningkat. Sebanyak 2.869 tim dari 175 Perguruan Tinggi yang tersebar di 33 provinsi se-Indonesia, bersaing pada Gemastik XIII 2020.

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

Finalis Gemastik tahun ini berasal universitas-universitas seluruh Indonesia, di antaranya Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi Bandung yang menempati peringkat dua dan tiga secara berturut-turut pada klasemen akhir.

Para peserta bersaing pada 11 kategori lomba, yaitu:

  1. pemrograman (Programming)
  2. keamanan siber (Cyber Security)
  3. penambangan data (Data Mining)
  4. desain pengalaman pengguna (UX Design)
  5. animasi (Animation)
  6. kota cerdas (Smart City)
  7. karya tulis ilmiah tik (ICT Scientific Paper)
  8. pengembangan perangkat lunak (Software Development)
  9. piranti cerdas, sistem benam & iot (Smart Device, Embedded System & IOT)
  10. pengembangan aplikasi permainan (Game Development)
  11. pengembangan bisnis tik (ICT Business Development)

Baca juga: Kuota Gratis Kemendikbud Bulan Oktober Cair, Aplikasi Belajar Kian Beragam

Sejak kompetisi diadakan pertama kali pada 2008, ini merupakan kali ke-8 bagi UI meraih Juara Umum Gemastik. Final Gemastik 2020 dilakukan secara daring pada 23 Oktober dengan Universitas Telkom sebagai tuan rumah.

Kontingen UI berhasil membawa pulang 3 Medali Emas, 2 Perak, 1 Perunggu, dan 2 Juara Harapan. Dengan raihan prestasi tersebut, UI berhak membawa pulang kembali piala bergilir “Samakbya Padhesa Widya”, yang bermakna informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.

Adapun daftar nama kontingen mahasiswa UI dalam ajang Gemastik 2020 pada cabang lomba Penambangan Data adalah Douglas Raevan Faisal dan Rd Pradipta Gitaya Samiadji sebagai peraih juara satu. Lalu Eko Julianto Salim, Jonathan Nicholas, Jovi Handono Hutama sebagai peraih juara dua.

Berikutnya pada cabang Lomba Kota Cerdas adalah Angelina Condro, Cassie Michelle, Rahmadian Tio Pratama sebagai juara satu.

Baca juga: Soul Travellers, Cerita 39 Anak Muda Indonesia Menjelajah Dunia

Para mahasiswa yang terdiri atas Gregorius Aprisunnea, Rachel Larasati, Jihan Maulana Octa berhasil meraih juara satu pada cabang lomba Pengembangan Bisnis TIK.

Pada cabang Lomba Pemrograman, tim yang terdiri atas Muhammad Salman Al Farisi, Ahmad Haulian Yoga Pratama, Andrew Theodore Tjondrowidjojo berhasil meraih juara dua, serta Hocky Yudhiono, Raden Fausta Anugrah Dianparama, Julian Fernando meraih Juara Harapan.

Berikutnya, pada cabang lomba Desain Pengalaman Pengguna terdiri atas Abraham Williams Lumbantobing, Roshani Ayu Pranasti, Jose Devian Hibono sebagai peraih juara harapan.

Kemudian, pada cabang lomba Pengembangan Perangkat Lunak adalah Michael Wiryadinata Halim, Muhammad Fairuzi Teguh, Fakhira Devina sebagai juara tiga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com