Kurangi Sampah, Mahasiswa Unpad Kembangkan Pasta Gigi Tablet

Kompas.com - 22/10/2020, 17:02 WIB
Sikat dan pasta gigi. ThinkstockSikat dan pasta gigi.

KOMPAS.com - Kemasan tabung yang kini digunakan mayoritas produk pasta gigi dinilai menjadi penyumbang sampah plastik di Indonesia bahkan dunia.

Demi mengurangi sampah, empat mahasiswa Universitas Padjadjaran mengembangkan kreasi pasta gigi berbentuk tablet yang ramah lingkungan. Penelitian ini difasilitasi oleh Hibah Inovasi Pre-Startup Mahasiswa Unpad (Hipsmu) 2020.

Produk yang diberi nama “Ellite” tersebut dikembangkan sebagai solusi mengurangi limbah plastik akibat penggunaan pasta gigi.

“Pasta gigi itu juga menjadi penyumbang dari sampah plastik. Kami kemudian berpikir bagaimana mengatasinya. Setelah berdiskusi, ternyata pasta gigi dapat dibuat sediaan yang berbeda dengan yang sering kita lihat. Pasta gigi juga dapat dibuat dalam bentuk tablet,” ujar salah satu mahasiswa Nur Fauziana Hayuningtyas, seperti dilansir dari laman Unpad, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

Ketiga mahasiswa lainnya yang mengembangkan produk ini ialah Ayu Safitrie, dan Ayu Rahma Diana dari Fakultas Kedokteran Gigi, serta Rhayza Salsabila Mardhatillah dari Fakultas Farmasi.

Tablet pasta gigi lebih dulu dikunyah

Berbeda dengan pasta gigi pada umumnya yang dikemas dalam kemasan tabung, Tyas menjelaskan Ellite dikemas dalam kemasan toples yang berisi sejumlah tablet.

Untuk menggunakannya, tablet dapat langsung dikunyah dan dilanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasa.

“Jadi tabletnya bukan ditelan, tapi memang tablet kunyah. Tabletnya dimasukkan ke mulut, dikunyah. Setelah agak berbusa, disikat menggunakan sikat gigi,” jelas Tyas.

Baca juga: Kuota Gratis Kemendikbud Bulan Oktober Cair, Aplikasi Belajar Kian Beragam

Untuk satu kali sikat gigi, pengguna cukup menggunakan satu tablet. Pasta gigi tablet juga dinilai dapat menjadi solusi bagi pengguna yang sedang bepergian dan merasa repot jika harus membawa pasta gigi biasa.

Selain mudah digunakan dan ramah lingkungan, Ellite juga diyakini unggul karena mengandung zat aktif nano hidroksiapatit dan fluoride sebagai agen remineralisasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X