Produk Herbal Mahasiswa UB Juarai Kompetisi Pangan Tingkat Asia

Kompas.com - 19/10/2020, 10:09 WIB
Universitas Brawijaya ShutterstockUniversitas Brawijaya
|

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya ( UB).

Melalui salah satu produk minuman Kombucha, inovasi ini berhasil memenangi kompetisi pangan bertaraf internasional bertajuk "The Seafast-Indofood Food Product Development Competition 2020".

Melansir laman UB, Sabtu (17/10/2020), ada tiga mahasiswa FTP UB yang tergabung dalam tim Gincha. Dengan inovasi minuman kombucha dari fermentasi teh bunga telang yang diinfuse dengan rimpang jahe.

Baca juga: 4 Penemuan Mahasiswa Indonesia, Salah Satunya Juara 1 Tingkat Asia

Manfaat Gincha

Inovasi dari bahan herbal Indonesia ini membuat Gincha memiliki beberapa manfaat, yakni:
sebagai minuman detoksifikasi sekaligus probiotik yang membantu menurunkan resiko penyakit tidak menular (PTM) atau non-communicable diseases (NCD)s

Ketiga mahasiswa FTP UB itu ialah Daisy, Salsabilla Zahidatu Abdillah dan Dwi Uchtiyawati Rohmah.

Menurut Daisy, Gincha memiliki komposisi fitokimia tanin, flobatanin, karbohidrat, saponin, triterpenoid, fenolmfavanoid, flavanol glikosida, protein, alkaloid, dan antrakuinon.

Ada juga antisianin, stigmasit 4-ena-3,6 dion, minyak volatil dan steroid bunga telang, sehingga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • antiparasit dan mampu berperan sebagai insektisida
  • analgesic
  • anti radang
  • antipiretik
  • antioksidan
  • kemampuan hipolidemik
  • kemampuan diuretic dan anti urolithiasis
  • kemampuan immonomodulatori
  • kemampuan sebagai antimikroba

"Karya kami terpilih sebagai yang terbaik. Padahal ada banyak sekali drama yang kami lalui dalam prosesnya," ujar Daisy.

Apalagi mereka bertiga berasal dari daerah yang berbeda dan sedang berada di tengah pandemi Covid-19. Padahal pelaksanaan penelitian juga harus dilakukan secara online.

Jadi ada berbagai romantika yang mereka lalui, seperti misalnya koneksi internet yang tidak stabil ditambah mobilitas yang terbatas karena pandemi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X