Tahap I Program Guru Penggerak Diikuti 2.800 Peserta, Ubah Pola Pikir Pendidik

Kompas.com - 16/10/2020, 09:01 WIB
Program Guru Penggerak. Tangkapan layar Instagram Itjen Kemendikbud Program Guru Penggerak.

KOMPAS.com - Kemendikbud telah menyelesaikan proses seleksi Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan I dengan 2.800 peserta yang lolos dari 56 kabupaten/kota.

Proses pendampingan guru penggerak Angkatan I mulai dilakukan pada Kamis, 15 Oktober 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim secara resmi melakukan pembukaan kegiatan tersebut.

Bersamaan dengan itu, proses pendaftaran guru penggerak angkatan 2 juga sudah dibuka mulai 13 Oktober-7 November 2020.

Sebanyak 2.800 guru dari 56 kabupaten/kota lainnya akan direkrut untuk menjadi kandidat guru penggerak dan calon pengajar praktik (pendamping) di 74 kabupaten/kota.

Baca juga: Kemendikbud Ajak Guru Ikut di Program Guru Penggerak dan Pendamping

Ubah pola pikir pendidik

Para pengajar yang lolos dalam PGP Angkatan I memberikan apresiasi positif atas kegiatan ini. Mereka berharap, program ini menjadi bagian percepatan transformasi pendidikan nasional.

“Keterampilan kami sebagai guru betul-betul digali, meskipun saya sudah mengajar lama,” ungkap Aam Amaliah, salah satu pengajar yang lolos guru penggerak Angkatan.

Guru SMAN 1 Cijeruk Bogor ini menjelaskan, rangkaian seleksi PGP sangat panjang namun hasilnya mampu mengubah pola pikir para pengajar.

Mulai dari pendaftaran, verifikasi dan validasi data, seleksi tahap 1 berupa tes bakat skolastik dan pengumuman hasil seleksi tahap 1, penjadwalan seleksi tahap 2, seleksi tahap 2 berupa simulasi mengajar dan wawancara, pengumuman calon guru penggerak yang lolos, serta pelaksanaan pendidikan guru penggerak.

“Meski umur sudah masuk kepala lima, saya masih semangat menggali ilmu. Saya salut dengan pemberi materi, pendamping yang akan mendampingi kita, itu anak-anak muda tapi mereka hebat. Keren banget,” jelas Aam.

Ia berharap, PGP bisa terus berlanjut demi mendorong Program Merdeka Belajar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X