Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Kompetisi Beasiswa Zenius-Telkomsel untuk Siswa SMA Dibuka

Kompas.com - 15/10/2020, 09:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan sejumlah tantangan bagi pelajar maupun orangtua. Mulai dari kesehatan mental hingga beban keuangan tambahan sejak diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan PSBB di banyak daerah.

Menanggapi fenomena tersebut, Zenius dan Telkomsel mengumumkan kolaborasi Zenius Telkomsel Scholarship Test (ZTST), sebuah tes online gratis yang berhadiah beasiswa pendidikan.

ZTST memberikan kesempatan kepada seluruh pelajar SMA di Indonesia untuk memenangkan hadiah beasiswa pendidikan dengan nilai total ratusan juta rupiah.

Tes kompetensi ini dapat diikuti secara gratis dan dilaksanakan secara online. Pendaftaran mulai dibuka pada 11 Oktober 2020 dan tesnya sendiri akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2020.

Baca juga: Siswa SMA, Kemendikbud-Rencanamu Hadirkan Layanan Gratis Siap Kuliah

Untuk mendaftar ZTST, calon peserta tidak perlu berlangganan paket berbayar Zenius.

Calon peserta hanya perlu mengunduh aplikasi Zenius dan masuk menggunakan akun yang terdaftar dengan nomor Telkomsel, kemudian melakukan registrasi ZTST mulai tanggal 11 Oktober 2020 sampai 23 Oktober 2020.

Sementara hasil tes akan diumumkan pada tanggal 28 Oktober 2020.

Ragam inisiatif mudahkan pembelajaran

Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto mengatakan, pendidikan merupakan salah satu sektor terpenting dan tidak boleh terhenti meski semuanya harus dilakukan dari rumah atau jarak jauh selama pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Asesmen Nasional Pengganti UN, Kemendikbud: Tidak Semua Siswa Ikut

“Telkomsel memiliki komitmen yang kuat sebagai leading telco digital company dan connectivity enabler dalam menghadirkan layanan dan jaringan berkualitas untuk mendukung produktivitas para pelajar Indonesia yang turut terdampak akibat pandemi ini. Kolaborasi bersama Zenius ini adalah bentuk upaya gotong royong untuk meringankan tantangan belajar di saat yang penuh tantangan seperti saat ini,” ujar Adhi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Chief Executive Officer Zenius Rohan Monga mengatakan, sejak pandemi dimulai, Zenius tidak pernah berhenti mencari cara untuk berinovasi dalam membuat belajar online menjadi menyenangkan dan seru.

"Zenius bangga dapat bermitra dengan Telkomsel, dan semoga ini bisa menjadi sebuah awal kolaborasi jangka panjang kedua pihak yang bekerja menuju sebuah misi yang sama, yaitu untuk terus memajukan Indonesia melalui edukasi dan teknologi," paparnya.

Baca juga: Mendikbud Nadiem soal Pengganti UN 2021: Tidak Perlu Bimbel Khusus

Dalam beberapa bulan terakhir, Zenius juga giat meluncurkan inovasi di platform-nya agar bisa membantu para pelajar di segala aspek pembelajarannya. D

Dalam waktu dekat, Zenius juga akan merilis sistem Automatic Doubt Solving, sebuah sistem berbasis kecerdasan buatan yang memungkinkan siswa menemukan jawaban dari soal-soal pelajaran dengan cepat.

Zenius juga memfasilitasi orang tua dengan menyelenggarakan webinar dan rangkaian acara tanya jawab di media sosial Zenius secara gratis untuk membahas topik seputar kesehatan fisik, mental, maupun parenting selama masa PJJ berlangsung.

ZTST juga bukan kolaborasi pertama antara Zenius dan Telkomsel dalam rangka mewujudkan visi bersama untuk memajukan Indonesia.

Bulan Maret lalu, Zenius dan Telkomsel meluncurkan paket data Ilmupedia, di mana Telkomsel memberikan 30GB paket data internet kepada penggunanya untuk mengakses konten belajar di Zenius secara cuma-cuma.

Harapannya, Zenius dan Telkomsel bisa terus berkolaborasi melahirkan inisiatif-inisiatif yang berdampak positif di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com