Siswa SMA, Kemendikbud-Rencanamu Hadirkan Layanan Gratis Siap Kuliah

Kompas.com - 14/10/2020, 13:52 WIB
Kemendikbud-Rencanamu Gelar Tes Minat Bakat Pilih Jurusan Kuliah Gratis Dok. RencanamuKemendikbud-Rencanamu Gelar Tes Minat Bakat Pilih Jurusan Kuliah Gratis

KOMPAS.com - Sebagai bentuk dukungan terhadap program Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam membangun SDM unggul bangsa Indonesia, platform edukasi Rencanamu.id menghadirkan layanan persiapan kuliah yang dapat diakses secara gratis.

Layanan persiapan kuliah tersebut terdiri dari Tes Minat Bakat, Eksplorasi Jurusan dan Karier gratis bagi peserta didik SMA di seluruh Indonesia. Dengan tujuan utama membangun SDM unggul Indonesia.

Kerja sama antara Kemendikbud dan Rencanamu diharapkan dapat menjadi solusi terkait permasalahan klasik yaitu salah jurusan dan ketimpangan antara bidang-bidang yang dibutuhkan industri dan bidang-bidang yang ditekuni peserta didik.

Baca juga: Asesmen Nasional Pengganti UN, Kemendikbud: Tidak Semua Siswa Ikut

Sebagian besar lulusan SMA bingung pilih jurusan

Berdasarkan data internal survei ke lebih dari 2 juta pengguna Rencanamu, hampir 92 persen peserta didik tingkat SMA bingung dan tidak yakin ingin ambil jurusan apa setelah lulus. Selanjutnya, hampir 50 persen mahasiswa merasa salah jurusan.

Terdapat pula ketimpangan antara bidang-bidang yang ditekuni siswa dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh industri, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian antara supply dan demand di dunia kerja.

Founder & CEO Rencanamu Rizky Muhammad mengatakan, kondisi tersebut adalah masalah besar yang perlu dipecahkan untuk dapat menemukan solusinya.

Karena itu, jelas dia, persiapan kuliah dan bimbingan karier adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan peserta didik khususnya di tingkat SMA.

Baca juga: Mendikbud Nadiem soal Pengganti UN 2021: Tidak Perlu Bimbel Khusus

Namun, intervensi persiapan kuliah dan bimbingan karier masih sangat minim, ditambah informasi terkait dinamika dunia karier dan industri yang begitu cepat berubah, dan akses informasi pun tidak tersebar secara merata.

Peserta didik pun tidak memiliki ruang gerak yang cukup untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya.

Terlebih fenomena salah jurusan adalah permasalahan klasik yang berdampak panjang terhadap produktivitas SDM Indonesia. Sehingga intervensi dini terkait persiapan karier sangat penting dilakukan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X