Kemendikbud: Ini Ragam Jenis Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2021

Kompas.com - 13/10/2020, 09:28 WIB
Video penjelasan mengenai Asesmen Kompetensi Minimum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (12/10/2020) di akun Instagram resminya. DOK. INSTAGRAM KEMDIKBUD.RIVideo penjelasan mengenai Asesmen Kompetensi Minimum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (12/10/2020) di akun Instagram resminya.

KOMPAS.com – Pada Senin (12/10/2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menjelaskan komponen dan lima jenis soal dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2021.

“AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang terdiri dari Asesmen Literasi Membaca dan Asesmen Numerasi,” jelas Kemendikbud dalam akun Instagram resminya.

Pergantian Ujian Nasional menuju Asesmen Nasional dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sejak Desember 2019. 

Baca juga: Guru, Kemendikbud Gelar Webinar Asesmen dan Pembelajaran Literasi-Numerasi

Tujuan pembuatan Asesmen Literasi Membaca adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks.

Hal tersebut dilakukan agar siswa dapat menyelesaikan masalah serta mengembangkan kapasitas individunya supaya bisa berkontribusi secara produktif di Indonesia maupun dunia.

Sementara itu, Asesmen Numerasi berguna untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

Hampir sama seperti Asesmen Literasi Membaca, penyelengaraan Asesmen Numerasi bermanfaat untuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan.

Komponen AKM

Untuk menjelaskan mengenai komponen dari Asesmen Literasi Membaca dan Numerasi, Kemendikbud membaginya berdasarkan 3 hal. Berikut ini merupakan penjabarannya.

1. Konten

Berdasarkan konten, Asesmen Literasi Membaca menguji beberapa teks yang bersifat informasi maupun fiksi.

Sementara itu, Asesmen Numerasi menguji bilangan, geometri dan pengukuran, data dan ketidakpastian, serta aljabar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X