Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

81,6 Persen Lulusan Polimedia Terserap Dunia Industri

Kompas.com - 12/10/2020, 22:22 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia Kreatif) mengaku akan meningkatkan prosentase jumlah terserapnya mahasiswa di dunia industri, dari posisi saat ini mencapai 81,6 persen.

Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, Purnomo Ananto mengaku, usaha yang dilakukan dengan berkolaborasi lebih banyak bersama dunia industri. Hal itu demi terserapnya jumlah mahasiswa yang dimiliki di dunia industri.

Baca juga: 8 Prodi Polimedia Ditargetkan Naik D-IV di 2021

"Kolaborasi ini tidak hanya menguntungkan mahasiswa dan kampus, tapi juga menguntungkan dunia industri, manakala membutuhkan pegawai mereka tinggal mengambil mahasiswa yang magang di situ," ucap Purnomo dalam keterangannya, melansir laman Polimedia, Senin (12/10/2020).

Purnomo mengaku, langkah ini dilakukan sejalan dengan usia kampus yang telah mencapai 12 tahun dalam meningkatkan pendidikan vokasi di Indonesia.

Kampus tambah daya tampung mahasiswa

Kampus, kata dia, juga mendorong mahasiswa memperoleh prestasi. Karena itu, Polimedia banyak melakukan perbaikan sarana dan prasarana, memperkuat laboraturium, dan studio.

"Tahun ini kita juga menambah daya tampung mahasiswa menjadi 1980-an mahasiswa baru. Tiap tahun rata-rata kami meluluskan 700 hingga 800 mahasiswa," ungkap Purnomo.

Dia menyebutkan, beberapa Program Studi (Prodi) yang banyak dipilih masyarakat akan ditambah daya tampungnya. Kini, ada 14 Prodi yang dimiliki Polimedia Kreatif, PSDKU Medan ada 5 Prodi dan PSDKU Makassar memiliki 5 Prodi.

Mereka yang belum terserap di dunia industri, lanjut dia, biasanya banyak yang melanjutkan kuliah. Lalu, mereka juga ada yang berwirausaha, demi memperoleh keuntungan dari hasil usahanya sendiri.

Baca juga: Bersama INKA dan SMK PGRI Mejayan, PNM Genjot Pendidikan Vokasi

"Karena basic pendidikan di kampus ini berbasis produksi dan kewirausahaan, sehingga ada mata kuliah wajib bagi mahasiswa tentang kewirausahaan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com