Kompas.com - 11/10/2020, 11:52 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja
|

KOMPAS.com - Pada proses rekrutmen kerja, biasanya ada beberapa tahapan. Selain tes tulis, ada pula tes wawancara.

Bagi para fresh graduate atau lulusan baru, maka tes wawancara kerja sering menjadi momok tersendiri. Sebab, dibutuhkan kesiapan mental dan psikis.

Wawancara kerja juga menjadi proses penting dalam rekrutmen dan seleksi calon karyawan untuk mengenal potensi atau kompetensi pelamar dengan detail.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 9 Perlengkapan Perlu Dibawa saat Wawancara Kerja

Karena itu, agar lancar menghadapi wawancara kerja, berikut ini ada tips yang dibagikan oleh Dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Hamidah, M.Si., Psikolog.

Melansir laman resmi Unair, Kamis (8/10/2020), ini tips dari Dr Hamidah yang juga Ketua Divisi Pelatihan dan Konsultasi Karir di PPKKHA Unair.

Gaya komunikasi

Ada beberapa cara yang bisa dijadikan untuk menunjukkan keunggulan diri dan tampil beda dari pelamar lainnya saat proses wawancara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita harus menggunakan gaya enak, lancar, dan tidak merendahkan orang lain dalam menjawab setiap pertanyaan," ujarnya seperti dikutip dari laman Unair.

Selain itu, setiap argumen yang dibicarakan harus menunjukkan pola pikir yang solutif, runtut, dan efisien.

"Karena kesempatan untuk berbicara dalam wawancara itu hanya hitungan menit, kalian harus menggunakan kalimat efektif, jelas, dan jangan berbelit-belit. Keluarkan pemikiran-pemikiran yang bersifat solutif," tekannya.

Penampilan

Pelamar harus memperlihatkan penampilan yang smart untuk meyakinkan pihak penanya dan menunjukkan sikap yang layak. Hal itu berkaitan dengan cara berpakaian yang sopan saat menghadiri sesi wawancara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.