Kompas.com - 08/10/2020, 22:25 WIB
Ketua Pelaksana Animakini2020, Ehwan Kurniawan di acara webinar Animakini2020. DOK. Webinar Animakini2020Ketua Pelaksana Animakini2020, Ehwan Kurniawan di acara webinar Animakini2020.

KOMPAS.com - Setelah sukses menyelenggarakan Animakini 2017-2019, kini penyelenggara kegiatan membuat Animakini 2020 secara daring atau online, dikarenakan Indonesia masih mengalami pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Animakini2020, Ehwan Kurniawan mengatakan penyelengaraan tahun ini berupa sharing animasi dengan narasumber dari pengajar animasi profesional, asosiasi animasi dan studio animasi, workshop animasi dengan narasumber dari pengajar animasi FSR IKJ, dan kolaborasi nonton animasi Indonesia secara daring selama sebulan.

Baca juga: Dirjen Vokasi: Pendidikan Karakter Penting di Dunia Kerja dan Industri

Kegiatan di tahun keempat ini, dia mengharapkan, akan dijadikan acara yang berkelanjutan untuk ke depannya. Namun, dengan menitikberatkan pada forum temu para pelaku ekosistem animasi di Indonesia.

"Lalu, ada kolaborasi karya tugas akhir, memberikan workshop modelling 3D dan motion grafis, Paparan Kajian animasi Indonesia, dan sharing pelaku di Industri animasi," kata Ehwan dalam acara webinar Animakini2020 terkait "Integrasi Kurikulum Akademik Bersinergi Dengan Industri Animasi", Kamis (8/10/2020).

Ehwan mengaku, acara ini akan berjalan selama beberapa hari. Tanggal 8 dan 15 Oktober akan diadakan sharing terkait dunia animasi dan ilustrasi.

Sedangkan tanggal 24-28 Oktober, akan diadakan workshop, sharing, talkshow, dan penayangan nonton barang animasi Indonesia bersama 35 institusi dari karya tugas akhir.

Acara ini, kata dia memiliki tujuan melanjutkan kegiatan Animakini sebagai program tahunan yang menjadi sarana membagi pengetahuan tentang perkembangan animasi di Indonesia yang sudah memiliki branding yang baik.

Tak hanya itu, acara ini juga bisa mensosialisasikan ekosistem animasi di Indonesia saat ini, dari sekolah, kampus terkait kajian dan produksi.

Kemudian, acara ini bisa berkolaborasi untuk membuat jejaring kerja antar wilayah antara sekolah, akademik, industri, pemerintah, dan komunitas melalui kolaborasi antar kampus dan SMK Nonton Bareng Animasi Indonesia selama sebulan via youtube channel.

Nantinya, masing-masing akan dipromosikan di media sosial (medsos) animakini, Untuk mengenalkan potensi animasi dari kampus dan sekolah untuk keperluan edukasi dan pariwisata.

"Tujuan terakhir, agar bisa menghasilkan laporan jurnal khusus berhubungan dengan kegiatan animasi dari pengembangan animasi di tingkat pelajar dan mahasiswa, serta di industri animasi saat ini dan mengumpulkan data karya animasi sebagai bahan kajian animasi," terang dia.

Pelaksanaan Animakini di 2019

Ehwan menceritakan Animakini di tahun 2019 lalu berlangsung di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada 19 September 2019. Acara di tahun lalu menampilkan kegiatan seminar akademik dan seminar industri, seminar penelitian visual dan animasi yang diikuti para pengajar Desain Komunikasi Visual, Multimedia, dan Animasi dari beberapa kota di Indonesia.

"Dengan menggandeng Asosiasi Industri Animasi Indonesia (Ainaki), dan ditutup dengan pengumuman lomba animasi tingkat pelajar dan mahasiswa, dengan kategori yang dilombakan animasi 2d dan 3d," ucap Ehwan.

Baca juga: 18 Guru Raih Apresiasi Kemendikbud atas Inovasi PJJ di Masa Pandemi

Hasil dari kegiatan animakini 2019, lanjut Ehwan, dijadikan jurnal khusus animasi dari pemakalah penelitian animasi dari berbagai kampus, jurnal khusus dari seminar akademik, dan industri serta hasil lomba animasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X