Kompas.com - 06/10/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi transformasi digital. (DOK. TELKOM METRA) Ilustrasi transformasi digital.

KOMPAS.com - SMK Negeri 2 Batam telah lama menjalin kerjasama dengan Universitas Internasional Batam (UIB). Kini keduanya menjalankan kerjasama kembali demi meningkatkan kompetensi digital yang dimiliki oleh para guru SMKN 2 Batam.

"Pada kali ini, kerjasama yang bermanfaat kembali digelar melalui pelatihan kompetensi digital untuk guru SMKN2 Batam," ujar Kepala SMKN 2 Batam Nursya'bani dalam keterangan resmi yang dilansir lewat laman SMKN2Batam.sch.id, Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Kemendikbud: Program SIC Bekali Lulusan SMA dan SMK di Industri 4.0

Proses pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Muhammad Dali didampingi oleh Wakil Rektor 3 UIB Hepy Hefri Ariyanto, tim trainer dari UIB, dan sebagainya.

Kegiatan ini dilakukan sebanyak 10 kali yang berlangsung dari 15 September - 15 Oktober 2020.

SMKN 2 Batam telah lama jalin kerjasama dengan UIB

Sebelum kerjasama ini, kata dia, sekolah sudah lama bekerjasama dengan UIB, salah satu kerjasamanya adalah memberikan kesempatan beasiswa alumni SMKN 2 Batam yang ingin melanjutkan pendidikan.

Selain itu, UIB juga memberikan tenaga pengajar bahasa asing untuk SMKN 2 Batam.

Dia mengatakan, peningkatan kompetensi digital ini demi membantu memecahkan masalah maupun kendala yang dihadapi oleh guru-guru SMKN 2 Batam dalam kegiatan belajar dan mengajar online selama pandemi Covid-19.

Pelatihan diadakan dua sesi di ruangan lab komputer SMKN 2 batam.

"Peserta pelatihan tetap harus menjalankan protokol kesehatan berlatih, seperti menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, dan juga menjaga jarak dengan peserta lain untuk kebaikan bersama," jelas dia.

Baca juga: SMK Negeri 3 Banjarbaru Terus Tingkatkan Hard Skill dan Soft Skill

Nursya'bani mengharapkan, dengan adanya pelatihan ini guru bisa lebih kreatif dan menyenangkan ketika mengajar kepada seluruh siswanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X