Kompas.com - 06/10/2020, 10:54 WIB
Ilustrasi LPDP Dok. LPDPIlustrasi LPDP

KOMPAS.com - Beasiswa LPDP 2020 telah dibuka dalam dua jenis, yakni Beasiswa Pendidik dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). Bagi masyarakat yang ingin mengambil beasiswa PTUD, maka bisa mengambil beberapa tempat kuliah, dari 15 universitas atau perguruan tinggi di luar negeri yang ditawarkan.

Mengutip website lpdp.kemenkeu.go.id, Selasa (6/10/2020), menyebutkan ada 15 perguruan tinggi yang ditawarkan dalam program beasiswa PTUD LPDP 2020, yakni Colombia University, California Institute of Technologi (Caltech), Cornell University, Harvard University, Johns Hopkins University, Massachusetts Institute of Technology, dan Princeton University.

Baca juga: Hari Ini Beasiswa LPDP Resmi Dibuka, Tanpa Pembatasan Kuota

Kemudian ada Stanford University, Yale University, University of Cambridge, University of Oxford, ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology, University of Pennsylvania, University of Chicago, dan University of California, Barkeler (UCB).

Semua perguruan tinggi yang ditawarkan untuk Beasiswa PTUD LPDP 2020 datang dari Amerika Serikat, Inggris, dan Swiss.

Beasiswa PTUD LPDP 2020 yang diberikan untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral. Program magister durasi studi paling lama 24 bulan, sedangkan doktoral durasi studinya paling lama 60 bulan.

Kriteria pendaftar beasiswa PTUD, yakni pendaftar beasiswa PTUD hanya dapat memilih satu perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan Letter of Admission/Acceptance Unconditional yang diunggah pada aplikasi pendaftaran. Pendaftar beasiswa PTUD belum memulai studi dan hanya diizinkan memulai studi pada tahun 2021.

Baca juga: Dibuka Hari Ini, Ini Syarat Umum dan Khusus Beasiswa LPDP 2020 PTUD

Lalu, pendaftar beasiswa PTUD yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi di 2020, wajib menunda studi dan memulai studi pada tahun 2021, serta melampirkan surat keterangan menunda memulai studi dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.