Kompas.com - 04/10/2020, 12:46 WIB
10 negara yang jatuh ke jurang resesi KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo10 negara yang jatuh ke jurang resesi
|

KOMPAS.com - Negara Indonesia bisa mengatasi pemulihan ekonomi dari jurang resesi. Caranya ialah dengan menyelesaikan pandemi Covid-19 terlebih dahulu.

Hal ini karena resesi disebabkan adanya pandemi. Atau penyebab utama resesi di Indonesia tentu karena pandemi itu sendiri.

"Tidak akan terjadi resesi kalau Covid-nya tertangani," ujar Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Arief Anshori Yusuf, PhD seperti dikutip dari laman Unpad, Minggu (4/10/2020).

Baca juga: Guru Besar UGM: Masyarakat Tak Perlu Mendramatisir Resesi

Bergantung pada vaksin

Untuk menangani Covid-19, pemerintah sangat bergantung pada hasil efektivitas dari uji klinis fase III vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh tim dari Unpad.

Sebab, vaksin menjadi salah satu upaya untuk menangani kasus Covid-19 di Indonesia yang setiap hari terus ada penambahan jumlah pasien terjangkit.

"Apa yang dilakukan Prof, Kusnandi Rusmil (ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Unpad) penting banget untuk ekonomi Indonesia," kata Prof. Arief.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait pelonggaran kembali mobilitas masyarakat pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), menurut Prof. Arif juga dinilai berisiko.

Tingkatkan geliat ekonomi

Namun, upaya ini merupakan langkah pemerintah dalam meningkatkan kembali geliat ekonomi di Indonesia.

Akan tetapi di sisi lain, pelonggaran mobilitas masyarakat akan memicu klaster baru apabila tidak diimbangi dengan ketegasan dalam memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

Peningkatan kasus akan berdampak pada kembali melemahnya pertumbuhan ekonomi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.