Lomba Debat Nasional 2020, Berikut 4 Kampus Terbaik Wakil Indonesia ke Korsel

Kompas.com - 01/10/2020, 16:49 WIB
National University Debating Championship (NUDC) 2020 yang digelar Puspresnas Kemendikbud melalui dalam jaringan (daring) pada 24-30 September 2020. DOK. PUSPRESNAS National University Debating Championship (NUDC) 2020 yang digelar Puspresnas Kemendikbud melalui dalam jaringan (daring) pada 24-30 September 2020.

KOMPAS.com - Kemendikbud melalui Pusat Prestasi Nasional ( Puspresnas) memutuskan 4 tim terbaik yang akan menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi debat internasional World University Debating Championship (WUDC) di Seoul, Korea Selatan, pada Juli 2021.

Keputusan ini diperoleh setelah Puspresnas sukses menggelar National University Debating Championship (NUDC) 2020 melalui dalam jaringan (daring) pada 24-30 September 2020.

Empat tim terbaik kategori Open-Draw NUDC 2020 akan diprioritaskan mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia.

Empat tim tersebut berasal dari juara NUDC 2020 yakni:

  1. Universitas Tanjungpura dari Kalimantan Barat sebagai terbaik pertama,
  2. Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta sebagai terbaik kedua,
  3. Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, dan Universitas Katolik Parahyangan, Jawa Barat sebagai terbaik ketiga.

“Selamat kepada semua peserta dan khususnya bagi para juara. Saya menghargai bahwa sekarang ada juara yang datang dari luar pulau Jawa," ujar Sekjen Kemendikbud, Ainun Na’im 

"Ini menunjukkan bahwa pembangunan kita semakin merata dimana ada dua perguruan tinggi dari luar jawa dan dua perguruan tinggi dari jawa menjadi juara,” ungkap Ainun dalam penutupan NUDC 2020, di Bogor, Selasa malam (29/09/2020).

Baca juga: Siswa Indonesia Raih Prestasi di Olimpiade Informatika 2020 Singapura

Diikuti 112 tim 

Selain meningkatkan rasa percaya diri peserta, Ainun mengatakan, ajang NUDC ini penting karena berkaitan dengan keterampilan berbicara, beragumentasi, dan berdiskusi untuk menemukan sesuatu yang terbaik.

“Skill ini saya yakin akan menjadi bagian dari bekal yang penting bagi adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan diri lebih lanjur dan berkarir dan nantinya berkontribusi dalam kehidupan masyarakat,” ujar Ainun.

Peserta NUDC 2020 berjumlah 112 tim yang merupakan mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma perguruan tinggi perwakilan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah I - XV di Indonesia.

Setiap tim terdiri atas dua orang debater dan satu orang calon juri yang dikirim oleh perguruan tinggi dan melekat pada tim untuk diikutkan dalam akreditasi sehingga total peserta pada NUDC 2020 sebanyak 336 peserta.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X