Gelar DTS VSGA 2020, Polinema Ingin Pelaku Digital Lebih Kompeten

Kompas.com - 30/09/2020, 21:09 WIB
Ilustrasi transformasi digital Dok. SHUTTERSTOCK/Billion PhotosIlustrasi transformasi digital

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Malang ( Polinema) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) kembali menggelar Digital Talent Scholarship (DTS) dengan program Vocational School Graduate Academy (VSGA) 2020.

Program ini bertujuan mencetak sumber daya manusia (SDM) teknisi di bidang digital lebih kompeten. Berbeda dengan tahun sebelumnya, DTS VSGA 2020 dilaksanakan secara daring.

Program VSGA adalah program pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi (SMK, D3, D4) bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, dan Multimedia yang belum bekerja.

Baca juga: Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Ciptakan Alat Deteksi Covid-19

"DTS VSGA 2020 Polinema dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2020 meiputi pelatihan technical skills, soft skills development dan uji kompetensi/sertifikasi," ungkap Ketua Jurusan Teknologi Informasi Polinema, Rudy Ariyanto dalam keterangannya melansir laman Polinema, Rabu (30/9/2020).

Rudy, menjelaskan, DTS VSGA di tahun 2019 dilaksanakan dua kali. Pada batch pertama, jumlah peserta sebanyak 314 peserta, 249 dari peserta tersebut berhasil ikut sertifikasi. Pada batch kedua, jumlah peserta yang lolos seleksi sebanyak 305 peserta dan yang ikut sertifikasi sebanyak 267 peserta.

Alumni bangun perusahaan startup

Sebanyak 12 alumni tahun 2019, kata dia, telah berhasil membangun perusahaan rintisan (startup). Pada tahun ini, jumlah peserta menurun karena pandemi. Jumlah pendaftar sebanyak 252 dan yang lolos seleksi sebanyak 245 peserta.

"Berdasarkan skemanya, jumlah peserta tahun 2020 terdiri dari Junior Graphic Design 86 peserta, Junior Network Administrator 50 peserta, Junior Mobile Programmer 47 peserta dan Junior Web Developer 62 peserta," ungkap dia.

Pembantu Direktur IV Polinema, Luchis Rubianto menyebutkan, target peserta di tahun ini sebanyak 1000 peserta. Namun, karena adanya pandemi jumlah peserta menurun dari tahun sebelumnya.

DTS, bilang Luchis, merupakan kegiatan yang penting bagi Polinema khususnya pada Bidang Kerjasama. Sebab, merupakan kewajiban Bidang Kerjasama untuk dapat membekali minimal satu sertifikat kompetensi kepada calon alumni sebelum wisuda.

Tingkatkan kompetensi lulusan pendidikan vokasi

Kepala Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Surabaya, Eka Handayani menyampaikan apresiasi kepada Polinema atas kinerja pada tahun 2019. Polinema termasuk penyelenggara terbaik dalam penyelenggaraan DTS VSGA. Presiden dan Menteri Kominfo mengapresiasi alumni DTS VSGA Polinema yang telah menghasilkan 12 startup.

"Pada tahun 2020 peserta DTS VSGA Polinema merupakan jumlah peserta kedua terbanyak," terang Eka.

Baca juga: Politeknik Negeri Lampung Kembangkan Komoditas Edamame

Dengan terselenggaranya program VSGA ini, Eka mengharapkan, dapat meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X