UMY Adakan Kuliah Tatap Muka Pakai "Sistem Genjotan"

Kompas.com - 29/09/2020, 10:08 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka acara Konvensi Nasional Indonesia Berkajuan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta KOMPAS.com / Wijaya KusumaPresiden Joko Widodo saat membuka acara Konvensi Nasional Indonesia Berkajuan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
|

KOMPAS.com - Salah satu kampus swasta di Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY) menjadi satu-satunya kampus di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang melaksanakan kuliah tatap muka.

Hal ini untuk menanggapi surat edaran dari Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) terkait larangan pembelajaran/Kegiatan tatap muka bagi setiap Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan.

Rektor UMY Dr.Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM mendukung penuh arahan MCCC PP Muhammadiyah yang tertuang dalam Surat Edaran tersebut.

Baca juga: Mahasiswa UB Temukan Penghemat BBM dari Bahan Alami Ini

Sistem bergantian tiap angkatan

Hanya saja, untuk UMY sendiri, kegiatan pembelajaran/perkuliahan telah dilakukan sesuai rencana awal yaitu Senin 14 September 2020 dengan berbagai skema.

Yakni, agar tidak ada kerumunan di kampus maka kuliah tatap muka dengan "sistem genjotan". Atau bergantian tiap angkatan. Kuliah luring baru dimulai untuk mahasiswa semester 7. Kemudian bulan berikutnya bagi mahasiswa semester 5.

Menurut Hijriyah Oktaviani, M.M selaku Kepala Biro Humas dan Protokol UMY, skema ini digunakan agar tidak ada kerumunan di kampus.

"Jadi bulan September mahasiswa semester 7 ikut kuliah luring, bulan berikutnya ikut daring. Atau gantian bagi mahasiswa semester 5 yang luring," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Ada kegiatan Mataf

Dijelaskan, untuk minggu ini mahasiswa semester 7 diliburkan dari kegiatan perkuliahan karena sedang ada Masa Ta’aruf (Mataf) bagi mahasiswa baru.

Kegiatan Mataf itu diikuti sebanyak 5.711 mahasiswa baru dan dilaksanakan secara daring. Untuk kegiatannya dimulai 28 September - 2 Oktober 2020.

"Karena minggu ini baru ada kegiatan Mataf, maka mahasiswa semester 7 diliburkan dahulu. Sebab, ada yang jadi panitia Mataf," kata Ria, panggilan Hijriyah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X