Guru, Ini Jadwal Webinar Kemendikbud Gratis Asah Keterampilan Abad 21

Kompas.com - 28/09/2020, 21:23 WIB
Untuk menyiasati HP yang dibawa orangtua bekerja, Tri Heni guru SDN 25 Pekanbaru, Riau mengajak siswanya belajar daring di akhir pekan. Pada hari kerja biasanya tidak lebih dari 10 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran daring, saat dilaksanakan pada akhir pekan ada 25 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran. DOK. TANOTO FOUNDATIONUntuk menyiasati HP yang dibawa orangtua bekerja, Tri Heni guru SDN 25 Pekanbaru, Riau mengajak siswanya belajar daring di akhir pekan. Pada hari kerja biasanya tidak lebih dari 10 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran daring, saat dilaksanakan pada akhir pekan ada 25 siswa yang bisa mengikuti pembelajaran.

KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bersama REFO Indonesia memberikan rangkaian web seminar gratis bagi guru untuk mengasah keterampilan mengajar pada abad ke-21.

“Perkembangan teknologi yang tidak pernah berhenti membuat kita sebagai pendidik perlu menambah dan mengasah keterampilan mengajar,” tulis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kerja Kependidikan (Ditjen GTK) pada akun Instagramnya pada Minggu (27/9/2020).

Kemendikbud menyelenggarakan Indonesia Edu Webinars melalui Ditjen GTK supaya pendidik mampu menyesuaikan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memerhatikan kesehatan fisik serta mental pada pendidik dan pelajar.

Baca juga: Guru, Terapkan Making Connection untuk Tingkatkan Literasi Siswa

Rangkaian web seminar pada Senin (28/9/2020) hingga Jumat (2/10/2020) mengajarkan pemimpin institusi pendidikan dan pengajar untuk membawakan cara belajar yang efektif sesuai dengan perkembangan zaman.

“Dalam sesi-sesi webinar minggu ini, kita akan belajar tentang praktik baik G Suite (perangkat lunak) untuk para pimpinan institusi dalam strategi pengelolaan akun alumni di sekolah atau kampusnya,” imbuh Ditjen GTK.

Bukan hanya itu, pengajar juga akan diberikan ilmu-ilmu praktis seputar literasi serta kiat-kiat mengajarkan kesadaran global dan lingkungan terkait pandemi Covid-19 untuk anak usia dini.

Berikut ini merupakan jadwal dan tautan untuk mengikuti Indonesia Edu Webinars.

Selasa, 29 September 2020

1. Jurnaling untuk Regulasi Emosi Siswa

Waktu: pk. 11.00 – 12.00 WIB
Pembicara: Eirene Christa Luturmas
Tautan: bit.ly/jurnalemosisiswa

2. Memberikan Umpan Balik pada Tugas Daring Mahasiswa

Waktu: pk. 18.30 - 19.30 WIB
Pembicara: Roghibatul Luthfiyyah
Tautan: bit.ly/umpanbalikdaringmahasiswa

Rabu, 30 September 2020

1. Kolaborasi dalam Penulisan Tugas dengan Google Docs

Waktu: pk. 11.00 - 12.00 WIB
Pembicara: Yustinus Calvin Gai Mali
Tautan: bit.ly/kolaborasigoogledocs

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X