Siswa Indonesia Raih Prestasi di Olimpiade Informatika 2020 Singapura

Kompas.com - 28/09/2020, 16:25 WIB
Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) yang berhasil meraih medali emas pada Ajang International Olympiad in Informatics (IOI) Tahun 2020. DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUDTim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) yang berhasil meraih medali emas pada Ajang International Olympiad in Informatics (IOI) Tahun 2020.

KOMPAS.com -  Siswa Indonesia kembali membuktikan ketangguhannya dengan merebut 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu dalam ajang "International Olympiad in Informatics (IOI) 2020.

IOI merupakan olimpiade sains di bidang informatika khususnya pemrograman yang diselenggarakan setiap tahun. IOI dilaksanakan secara daring pada tanggal 13-19 September 2020 dengan Singapura sebagai tuan rumah IOI ke-32.

Prestasi ini menempatkan Indonesia pada peringkat ke-13 dari 87 negara.

“Prestasi dunia anak-anak Indonesia terus bertambah melalui IOI. Kita semua berbangga dan menyambut gembira prestasi ini, lebih-lebih semua masih dalam situasi pandemik,” disampaikan Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi, di Jakarta (24/9/2020).

“Selamat dan terima kasih kepada semua anak-anak hebat Indonesia. Kalian telah membuktikan ketangguhan dan daya adaptasi yang tinggi,” tambah Kapuspresnas.

Baca juga: FLS2N 2020, Puspresnas: Prestasi Seni Siswa Tidak Berhenti Saat Pandemi

Peringkat ke-13 dunia

Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) terdiri dari empat siswa sekolah menengah yang dipersiapkan menghadapi International Olympiad in Informatics (IOI) yang diselenggarakan setiap tahun.

Bersaing dengan 347 peserta lain dari berbagai negara, delegasi Indonesia berhasil meraih empat medali.

Bahkan Pikatan Arya Bramajati, peraih medali emas dari Indonesia berhasil menempati posisi ke-13 dengan nilai total 529,43 dari total nilai maksimal 600. Ia berhasil mengalahkan puluhan negara lain, seperti Singapura, Thailand, Inggris, Taiwan, India dan Australia.

Tim Indonesia terdiri dari empat siswa terbaik Indonesia, yaitu:

  • Pikatan Arya Bramajati (SMA Semesta BBS Semarang) meraih medali emas,
  • Rama Aryasuta Pangestu (SMAK Kanisius Jakarta) meraih medali perak,
  • Dasco Gabriel (SMA Sutomo 1 Medan) meraih medali perunggu,
  • Edbert Geraldy Cangdinata (SMA Sutomo 1 Medan) meraih medali perunggu.

“Soal-soal yang diberikan cukup susah, tapi sangat menantang, hal ini yang membuat kami menjadi terus bersemangat untuk mendapatkan hasil terbaik. Kami juga mengucapkan terimakasih semua pihak yang telah mendukung kami sehingga mendapatkan hasil yang terbaik” kata Pikatan pada malam pengumuman yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (23/9/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X