Politeknik Negeri Banyuwangi Terangi Listrik ke Nelayan Pacemengan

Kompas.com - 26/09/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi nelayan KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSOIlustrasi nelayan

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) menciptakan penerangan listrik untuk kapal nelayan ikan di Dusun Pacemengan, Desa Blimbingsari, Jawa Timur.

Penerangan ini menggunakan alat panel surya yang dibuat Himpunan Mahasiswa Teknik Manufaktur Kapal (Himateka) Poliwangi.

Ada 8 panel surya, dua baterai serta komponen penunjang tenaga listrik yang diberikan kepada nelayan dan masyarakat Dusun Pacemangan.

Baca juga: Kuota Gratis, Nadiem: Bukan untuk Main Game dan Tonton Video

Dosen Pembimbing Tim PHDB Himateka Poliwangi, Yedid Yonatan mengatakan, penerangan listrik ini bisa dimanfaatkan oleh nelayan ikan pada saat di pantai dan lingkungan dusun Pacemengan.

Pengerjaan alat penerangan listri ini memakakan waktu selama kurang lebih tiga bulan.

Proses kerja dari sistem panel surya, kata Yedid, nantinya akan disinari oleh matahari selama kurang lebih 6-8 jam. Kemudian, sinar matahari diubah menjadi energi listrik dan dikontrol oleh solar charger controller.

"Setelah itu dayanya disimpan oleh kedua baterai, ihngga baterai terisi penuh. Baterai satu bisa dibawa nelayan sebagai pengganti genset untuk menyalakan lampu di kapal," kata Yedid dalam keterangannya, melansir laman resmi Poliwangi, Jumat (25/9/2020).

Sementara baterai lainnya, bilang Yedid, tetap ditaruh di Dusun Pacemangan, agar bisa menyalakan lampu di pantai dan lampu jalan.

"Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat dan pihak desa yang bersedia menerima dari program ini, terima kasih atas respon positifnya," tegas Yedid.

Masyarakat siap perbanyak panel surya

Kepala Dusun Pacemengan, Asnawi mengatakan, para nelayan dan masyarakat sangat antusias adanya pemberian panel surya dari mahasiswa Himateka Poliwangi. Karena, bisa memberikan penerangan di jalan, lingkungan rumah, hingga ketika nelayan sedang mencari ikan di laut.

Bahkan, lanjut Asnawi, pihak desa sangat mendukung dan siap membantu terkait anggaran, bila nantinya akan memperbanyak panel surya dan baterai yang bisa menghasilkan daya listrik yang lebih besar.

Baca juga: Politeknik Negara Ketapang Bangun Vokasi dari Desa

"Kami berterimakasih atas program yang sudah dilaksanakan mahasiswa Poliwangi yang telah memberikan pengetahuan tentang panel surya, guna mengatasi masalah di desa kami. Kami siap bantu bila program ini berkelanjutan," pungkas Asnawi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X