Global MBA Rankings 2021: MM UGM, Sekolah Bisnis yang Mendunia

Kompas.com - 24/09/2020, 13:11 WIB
Universitas Gadjah Mada Dok. UGMUniversitas Gadjah Mada
|

KOMPAS.com - Prestasi prestisius kembali ditunjukkan oleh Universitas Gadjah Mada ( UGM). Kali ini, Program Magister Manajemen (MM) UGM bisa mendunia.

Melansir laman UGM, Kamis (24/9/2020), MM UGM menjadi yang pertama dan satu-satunya business school di Indonesia yang berhasil masuk program perankingan Global MBA World Rank tahun 2021.

Seperti dilaporkan oleh lembaga perankingan dunia Quacquarelli Symonds ( QS) yang baru saja menerbitkan Global MBA Rankings 2021 pada 23 September 2020.

Baca juga: Akademisi UGM: Kegiatan Berkumpul Warga Picu Penyebaran Covid

Setiap tahun QS meranking hanya sekitar 250 program MBA di dunia yang dianggap prestisius. Untuk dapat diranking, program MBA harus mendapatkan akreditasi dari lembaga akreditasi yang prestisius juga, salah satunya adalah AACSB Internasional.

Sedangkan MM UGM sejak 2014 sudah terakreditasi AACSB. Tentu akreditasi ini sangat sulit didapat. Sebagai gambaran, dari total 15.000 lebih sekolah bisnis di dunia, hanya 1.633 yang menjadi anggota AACSB.

Kemudian, dari jumlah tersebut sekolah bisnis yang terakreditasi oleh AACSB hanya 876. Dalam program perankingan ini, UGM disejajarkan dengan program MBA dari universitas-universitas terbaik dunia.

Menurut Prof. Eduardus Tandelilin, salah satu Board of Directors dari MM UGM, ini adalah tahun pertama program MM UGM mengikuti perankingan dan langsung menembus QS Global MBA Rank, mencapai peringkat 201+.

Capaian tersebut patut dibanggakan karena program perankingan ini sangat kompetitif dan prestisius.

Adapun penilaian didasarkan pada lima aspek:

1. employability (40 persen)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X