Kenapa Ada Kuota Umum dan Kuota Belajar? Ini Penjelasan Kemendikbud

Kompas.com - 24/09/2020, 05:22 WIB
Program Pemberian Kuota Internet bagi Peserta Didik Dok. KemendikbudProgram Pemberian Kuota Internet bagi Peserta Didik
|

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan oleh peserta didik dan pendidik saat pandemi Covid-19 ini banyak kendala.

Selain menyangkut perangkat (ponsel pintar), masalah yang banyak dihadapi saat PJJ karena banyak membutuhkan kuota internet.

Untuk itulah pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan bantuan kuota internet pada siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Baca juga: Hari Ini Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Disalurkan

Tertuang dalam juknis

Kemendikbud kemudian menerbitkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Adapun rincian besaran kuota data internet tersebut ialah:

1. Peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

3. Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

4. Mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Hanya saja, Kemendikbud memberikan bantuan kuota data internet dibagi menjadi dua, yaitu kuota umum dan kuota belajar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X