Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Penularan Covid-19, Polbeng Bagikan 4.250 Masker

Kompas.com - 23/09/2020, 20:54 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai bentuk dukungan "Gerakan Satu Juta Masker dari Vokasi untuk Indonesia", Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) membagikan 4.250 masker, demi mengurangi risiko penularan Covid-19.

"Pembagian masker ini disamping sebagai bentuk dukungan terhadap program Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud. Ini juga dalam rangka Dies Natalis Polbeng ke-19," kata Direktur Polbeng Johny Custer dalam keterangannya, melansir laman Polbeng.ac.id, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Kepatuhan Rendah, Mahasiswa Rentan Terkena Covid-19

Johny Custer mengatakan, penggunaan masker merupakan salah satu upaya dalam mengurangi resiko penularan Covid-19. Apalagi, saat ini kasus pasien positif Covid-19 di Bengkalis mengalami peningkatan.

Polbeng bentuk gugus Covid-19

Maka dari itu, kata Johny, demi mencegah penularan Covid-19 berbagai upaya telah dilakukan Polbeng, salah satunya dengan membentuk Gugus Covid-19 di lingkungan Polbeng.

Di kampus Polbeng, lanjut Johny, juga memberlakukan wajib masker, menyiapkan beberapa titik tempat mencuci tangan, mendirikan posko-posko Covid-19, menyediakan hand sanitizer serta pengaturan jam kerja dan pembagian masker dan lain sebagainya.

"Mudah-mudahan dengan selalu memakai masker dalam setiap beraktifitas, rajin mencuci tangan pakai sabun serta tidak berkerumun dan selalu menerapkan pola hidup sehat, pandemi Covid-19 di negeri ini dapat segera berakhir," terang dia.

Humas Polbeng, Rahmad Akmal menjelaskan, pembagian masker dilakukan oleh bagian Kehumasan Polbeng dan dibantu oleh mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polbeng.

"Ribuan masker kita bagikan untuk jajaran Kodim 0303/Bengkalis dan Aparat Kepolisian Sektor Bengkalis serta masyarakat sekitar kampus. Kita juga bagikan ke mahasiswa dan dosen Polbeng," pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, pada pertengahan Agustus lalu Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto meluncurkan Gerakan "Satu Juta Masker Merah Putih dari Vokasi untuk Indonesia" yang diproduksi oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Bertepatan dengan momentum bulan kemerdekaan, gerakan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat gotong royong masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus penularan COVID-19.

"Masker ini akan dibagikan ke masyarakat dan peserta didik di seluruh Indonesia melalui SMK, Perguruan Tinggi Vokasi, Lembaga Kursus dan Pelatihan, dan Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri," ucap Wikan.

Gerakan ini akan melibatkan seluruh elemen yang ada di bawah Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. Setiap sekolah yang mengambil peran akan membuat masing- masing minimal 5.000 masker kain yang akan langsung dibagikan kepada warga sekolah tersebut dan lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: Satgas: Banyak Anggapan Teman Dekat Tidak Tularkan Covid-19

"Penggunaan masker ini adalah salah satu protokol kesehatan yang tidak hanya mampu melindungi diri sendiri tetapi juga orang lain," terang Wikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com