Beasiswa S2 Jepang, Biaya Kuliah hingga Tunjangan Rp 22 Juta per Bulan

Kompas.com - 19/09/2020, 07:35 WIB
Ilustrasi Jepang - Osaka Castle. SHUTTERSTOCKIlustrasi Jepang - Osaka Castle.

KOMPAS.com - Jepang menjadi salah satu negara yang rutin memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia. Kali ini, tawaran beasiswa S2 datang dari INPEX Group.

Merangkum Rencanamu.id, INPEX Scholarship Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Jepang pada tahun 1981 melalui donasi dari INPEX Corporation.

Tujuan dari beasiswa ini ialah untuk mempererat kebersamaan dan hubungan baik antara Indonesia dan Jepang melalui pertukaran pelajar.

Beasiswa dengan skema penuh ini ditujukan untuk pelajar Indonesia berprestasi yang berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 di Jepang.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 Oxford-Cambridge University dari Jardine Foundation

Pendaftaran beasiswa ditutup pada 31 Oktober 2020, berikut informasi seputar beasiswa:

Cakupan

1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya oleh INPEX Foundation, mulai dari biaya seleksi masuk, biaya pendaftaran, hingga biaya kuliah per semester.

2. Tunjangan bulanan sebesar 160.000 Yen atau sekitar Rp 22 juta untuk keperluan sehari-hari seperti akomodasi, transportasi, buku-buku pelajaran, biaya Internet, dan lain-lain.

3. Tiket pesawat kelas Ekonomi Jakarta-Tokyo dan Tokyo-Jakarta untuk keberangkatan ke Jepang dan dari Jepang.

4. Biaya commuter pass ditanggung selama di Jepang. Namun, biaya lainnya seperti passport dan visa ditanggung oleh penerima beasiswa.

Baca juga: Ingin Kuliah S1-S2 ke Selandia Baru? Ada Beasiswa Senilai Rp 100 Juta

Persyaratan Pendaftar

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia tidak lebih dari 30 tahun.
  3. Memiliki gelar S1 dari salah satu universitas terbaik di Indonesia, dengan bidang jurusan MIPA dan setidaknya 16 tahun pendidikan formal atau setara.
  4. Berkeinginan untuk berkuliah dan melakukan riset di bidang MIPA dengan program Magister di universitas di Jepang, atau telah diizinkan atau diterima berkuliah di salah satu program Magister universitas di Jepang.
  5. Dalam kondisi sehat.
  6. Memiliki IPK minimal 3.00.
  7. Telah mendapatkan izin untuk berkuliah dan mendaftar beasiswa INPEX Foundation dari universitas, institusi, atau perusahaan tempat bekerja.
  8. Tertarik dengan hubungan antara Indonesia dan Jepang dan berkeinginan untuk berkontribusi dalam menjaga hubungan baik tersebut.
  9. Sedang tidak menerima beasiswa S2 lainnya, baik di Jepang maupun di negara lain.

Baca juga: Kampus Terbaik di Australia Buka Beasiswa S1-S2 Senilai Rp 250 Juta

Syarat dokumen

  1. Pas foto ukuran 5 x 3.5 cm separuh badan sebanyak 2 lembar, salah satu untuk lembar form pendaftaran dan yang lainnya dituliskan nama lengkap pada bagian belakangnya.
  2. Transkrip nilai selama studi S1.
  3. Surat rekomendasi yang ditujukan kepada INPEX Foundation dari dekan atau dosen pembimbing dari studi S1, atau dari atasan di tempat bekerja (jika saat ini sedang bekerja).
  4. Ijazah S1.
  5. Surat keterangan diterima dari universitas yang dituju di Jepang, dialamatkan kepada INPEX Foundation.
  6. Curriculum Vitae.
  7. Surat keterangan sehat.
  8. Sertifikat penerimaan dari universitas atau institusi penelitian lainnya di Jepang, jika ada.
  9. Sertifikat IELTS/TOEFL.
  10. Sertifikat kemampuan berbahasa Jepang, jika ada.

Baca juga: Beasiswa S1 Tanoto Foundation, dari Biaya Kuliah hingga Tunjangan Bulanan

Ketentuan beasiswa

1. Beasiswa diberikan maksimal selama dua tahun delapan bulan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X