Karena Hal-hal Ini, Guru SWA Tangerang Raih Yale Educators Award 2020

Kompas.com - 15/09/2020, 11:47 WIB
Stanislav Sousek memberikan bimbingan pada salah satu muridnya di SWA Tangerang. DOK.SWAStanislav Sousek memberikan bimbingan pada salah satu muridnya di SWA Tangerang.
|

KOMPAS.com - Semua orang pasti sudah paham siapa itu pahlawan tanpa tanda jasa. Dia adalah guru. Guru selain sebagai pendidik, juga dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Tetapi karena jasa-jasa guru, seorang murid bisa menjadi hebat. Atau orang hebat itu tak lepas peran dari guru yang memberikan ilmu dan pengetahuannya.

Seperti guru yang satu ini. Stanislav Sousek, guru dari sekolah Sinarmas World Academy (SWA) Tangerang Selatan ini memenangkan Yale Educators Award 2020, dan menjadikannya sebagai satu-satunya pemenang dari Indonesia.

Baca juga: Info Disdik DKI: Siswa, Pahami Maksud Rem Darurat Saat PSBB Lagi

Dari rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/9/2020), dijelaskan bahwa ajang Yale Educators Award merupakan penghargaan kepada para pendidik berprestasi dari seluruh dunia. Pendidik itu tentu telah berhasil mendukung dan menginspirasi siswanya untuk pencapaian tinggi.

Mahasiswa Yale adalah murid SWA

Para mahasiswa Yale diundang untuk menominasikan pendidik sekolah menengah yang mereka anggap inspiratif dan mengubah hidup mereka secara positif.

Dari 317 nominasi tahun ini, hanya 57 guru dan 24 konselor yang terpilih. Dari jumlah itu, hanya 3 diantaranya berasal dari Asia, termasuk salah satunya Stanislav dari Indonesia.

Tapi, bagaimana Stanislav bisa menang penghargaan itu? Ternyata, Stanislav menang karena salah satu mahasiswa Yale yang tak lain adalah anak didiknya sewaktu di SWA.

Dia adalah Vijjasena Sugiono, lulusan sekolah Sinarmas World Academy (SWA), dan penerima beasiswa dari Yale University.

Hal-hal yang dilakukan Stanislav

Stanislav merupakan konselor universitas atau university guidance counselor (UGC) di SWA yang membimbing siswa-siswi sekolah menengah mempersiapkan diri menuju sekolah tinggi.

Siswa SWA diajak berpikir tentang tujuan mereka belajar, serta dampak positif apa yang ingin mereka berikan kepada dunia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X