Kompas.com - 14/09/2020, 12:44 WIB
Kemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka Dok. KemendikbudKemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis logo Kampus Merdeka secara daring, Senin (14/9/2020).

Kebijakan Kampus Merdeka yang dikeluarkan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada awal tahun 2020 diharapkan dapat mempercepat inovasi di bidang pendidikan tinggi.

Salah satu pokok kebijakan Kampus Merdeka ialah adanya kemerdekaan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi dan melakukan perubahan definisi Satuan Kredit Semester (SKS).

Baca juga: 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud Nadiem di Tahun 2021

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, Kampus Merdeka diharapkan dapat membuka sekat-sekat bidang keilmuan dan membangun kerja sama lebih luas dengan beragam departemen.

"Masa pandemi, di mana masa depan yang penuh ketidakpastian, kita harus mampu menjebol tembok-tembok keilmuan, program studi, karena masalah semakin kompleks membutuhkan kolaborasi interaksi antar prodi, interaksi antar perguruan tinggi, dan interaksi antara kampus dengan dunia nyata," papar Nizam dalam siaran Youtube Ditjen Dikti, Senin (14/9/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila sebelumnya untuk menyeberangi satu departemen ke departemen lain sulit karena tembok yang tinggi, kata Nizam, semangat Kampus Merdeka diharapkan menjadi cara menembus tembok-tembok keilmuan.

Sebagai salah satu implementasi Kampus Merdeka, Nizam menyampaikan bahwa Ditjen Dikti telah berdiskusi dengan banyak diaspora dari berbagai negara, termasuk meluncurkan konsorsium 5 PTN, untuk pertukaran mahasiswa.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

"Juga berdiskusi dengan bapak Dubes UK membahas untuk kerja sama mengimplementasikan kampus merdeka yang kini menjadi trending topic dunia," paparnya.

Nizam pun mengapresiasi para rektor perguruan tinggi yang telah menyambut semangat kampus merdeka dengan berbagai macam program hingga kurikulum.

Kampus Merdeka, semangat merancang hari esok

Nizam mengatakan, dunia hari ini sangat berbeda dari dunia enam bulan lalu sebelum ada pandemi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.