Kompas.com - 13/09/2020, 08:20 WIB
Program Academy of Future Teachers (AFT) 2020 digelar Eduversal Indonesia DOK. EDUVERSAL INDONESIAProgram Academy of Future Teachers (AFT) 2020 digelar Eduversal Indonesia

KOMPAS.com - Penguatan kompetensi guru tidak boleh terhenti meski di tengah krisis pandemi global Covid-19. Sebaliknya, dukungan tersebut harus menguat mengingat guru dituntut memiliki kemampuan lebih di era normal baru.

Hal ini mengemuka dalam konferensi pers daring yang digelar Eduversal Indonesia, provider layanan manajemen pendidikan, saat kembali meluncurkan program "Academy of Future Teachers (AFT) 2020", Sabtu 12 September 2020.

Sesuai dengan namanya, AFT bertujuan mendampingi dan memberikan pembekalan kepada mahasiswa dan fresh graduate yang memiliki ketertarikan kuat menjadi guru di masa depan, tidak hanya secara teori namun mampu menerapkan di ruang kelas.

"Hal ini pararel dengan harapan Mas Menteri (Nadiem Makarim) melalui Kampus Merdeka di mana mahasiswa bisa langsung terjun ke lapangan. Harapannya memang guru-guru yang ikut program ini menjadi guru yang siap terjun di bidangnya dengan kemampuan baik," jelas Dwi 
Prajitno Wibowo, Direktur Eduversal Indonesia.

Baca juga: Video Call dengan Jokowi, Ini Curhat Guru soal Kendala Belajar Online

Hal senada disampaikan Andry Nur Hidayat, Project Manager AFT. "Untuk teori di kampus sudah berlebih. Melalui program AFT kami sediakan wadah untuk melakukan praktik lapangan," ujar Andry.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Andry menambahkan, "dalam AFT ini kami kombinasikan dengan pebekalan yang dibutuhkan dan relevan untuk mengajar di masa depan dari sisi pedagogi dan memotivasi siswa."

Penguatan kompetensi pedagogi

Lebih jauh Andry menjelaskan berbagai materi telah disiapkan untuk menjaring calon-calon guru masa depan.

Program AFT memberikan beragam seminar pendidikan dengan berbagai topik, bedah kurikulum, micro-teaching, diseminasi metodologi belajar dan mengajar, dan pengembangan keterampilan mengajar untuk menguatkan kompetensi pedagogik dan disiplin ilmu yang ditekuni.

Secara khusus Andry menambahkan, pandemi Covid-19 telah membawa dampak dalam perubahan pola pembelajaran di ruang-ruang kelas. Hal ini turut menjadi perhatian AFT dalam memberikan pembekalan kepada guru.

"Pandemi ini membuat dunia pendidikan harus melakukan shifting. Setegah kegiatan AFT sudah dilakukan secara daring," ungkap Andry.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.