Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis ke-63 Unpad, Jokowi: Unpad Lahirkan Banyak Tokoh Hebat

Kompas.com - 11/09/2020, 18:29 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas dies natalis Universitas Padjajaran (Unpad) ke-63.

Selama masa itu, Unpad sudah banyak memberikan kontribusi besar dalam perjalanan Indonesia, khususnya melahirkan banyak tokoh hebat dalam berkontribusi kemajuan bangsa.

"Prof. Iwa Koesoemasoemantri (Rektor pertama Unpad) tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia yang beberapa kali dipercaya menjadi anggota kabinet di era Presiden Soekarno, Prof. Mochtar Kusumaatmadja diplomat hebat, dan masih banyak ratusan alumni hebat lainnya dengan nama besar di tingkat nasional dan internasional dari Unpad," ucap Jokowi secara virtual, seperti melansir laman Unpad, Jumat (11/9/2020).

Baca juga: Webinar Unpad: Generasi Muda Didorong Kembangkan Pertanian

Kehebatan semua senior perguruan tinggi di tanah Bandung tersebut, kata Jokowi, harus memberikan inspirasi dalam menghadapi masa depan.

Keluarga besar Unpad siapkan diri demi persaingan

Maka dari itu, Jokowi meminta seluruh keluarga besar Unpad, baik rektor, mahasiswa, dosen, maupun alumni, agar bisa mempersiapkan diri dengan baik, meluaskan pandangan, dan beradaptasi dengan cepat, sehingga bisa menjadi bagian dan unggul dalam persaingan.

Pria yang lahir di tanah Surakarta ini menyebutkan, kesiapan diri itu dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Setidaknya ada 215 negara yang menghadapi masa sulit ekonomi dan permasalahan kesehatan akibat Covid-19.

"Permasalahan extraordinary harus dihadapi dengan strategi extraordinary," jelas dia.

Jokowi menekankan, standar normalitas sudah berubah, tak hanya normalitas kesehatan saja, tapi cara dan budaya kerja juga mengalami perubahan. Maka dari itu, perguruan tinggi harus dituntut menerapkan standar normalitas baru.

Standar normalitas baru itu harus dirumuskan dalam banyak kebijakan di perguruan tinggi. Di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga harus merumuskan berbagai standar normalitas baru.

"Kita tidak boleh terjebak dalam rutinitas, kita harus punya waktu, energi, dan keberanian untuk melakukan perubahan. Kita harus terus menerus kembangkan inovasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi," ucap suami dari Iriana ini.

Jokowi menambahkan, dengan nama besar, kemampuan, dan jaringan kuat yang dimiliki, maka Unpad mempunyai potensi besar untuk menjalankan banyak inovasi riset pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan berinovasi di pendidikan dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Baca juga: Satu Fakultas di Unpad Ini Raih Akreditasi Internasional dari ABEST21

"Semoga di usia 63 tahun, Unpad makin banyak berkontribusi untuk kemajuan Indonesia," pungkas Gubernur DKI Jakarta ke-14 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com