Info Disdik DKI: Siswa, Pahami Maksud "Rem Darurat" Saat PSBB Lagi

Kompas.com - 11/09/2020, 08:53 WIB
Ilustrasi siswa dalam kelas menggunakan masker. DOK. PIXABAYIlustrasi siswa dalam kelas menggunakan masker.
|

KOMPAS.com - Semakin hari, jumlah pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 bertambah banyak. Tak terkecuali di Provinsi DKI Jakarta.

Untuk itulah Pemprov DKI Jakarta mengambil kebijakan Rem Darurat. Apa itu rem darurat? Bagi siswa sekolah yang ada di wilayah DKI Jakarta, maka harus memahaminya.

Melansir akun resmi Instagram Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Kamis (10/9/2020), ini penjelasan mengenai kebijakan rem darurat.

Rem darurat artinya, kita kembali ke masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) secara penuh mulai 14 September 2020.

Baca juga: Bosan PJJ Itu-itu Saja? Ini 6 Model Pembelajaran Inovatif bagi Siswa

Ada dua indikator yang mengkhawatirkan yakni tingkat kematian dan kasus aktif akibat Covid-19 di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Meski tingkat kematian di Jakarta terus menurun, namun jumlah absolutnya terus bertambah. Semakin banyak kasus probable meninggal yang harus dimakamkan dengan protab Covid-19.

Tak hanya itu saja, indikator berikutnya, kasus aktif yakni orang positif yang masih harus menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit juga banyak.

Saat ini, keterpakaian tempat tidur isolasi dan ICU terus meningkat. Sebanyak 77 persen dari total 4.053 tempat tidur isolasi khusus untuk pasien dengan gejala sedang sudah terisi penuh.

Sementara itu, sebanyak 83 persen dari total 528 tempat tidur ICU sudah terisi penuh. Tanpa PSBB, secara statistik semua tempat tidur akan penuh pada 8-10 hari ke depan (15 September untuk tempat tidur ICU dan 17 September untuk tempat tidur isolasi).

Kini, Pemprov DKI Jakarta sedang berusaha menaikkan kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU khusus Covid-19.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X