Ini Alasan Kapten Tim Academy Liga Italia Kuliah di Undip

Kompas.com - 07/09/2020, 14:27 WIB
Ilustrasi sepak bola. shutterstockIlustrasi sepak bola.
|

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro ( Undip) Semarang patut berbangga. Pasalnya, salah satu mahasiswa baru angkatan 2020/2021 adalah jebolan Kapten Tim Academy yang berlaga di Klasemen Enam Liga Italia.

Dia adalah pesepakbola muda asal Indonesia Emir Eranoto Dipasena. Emir memutuskan meninggalkan posisinya sebagai kapten tim dan memilih untuk kuliah S1 di Undip Prodi Sastra Inggris.

Padahal, Emir sebelumnya adalah pemain muda berbakat yang direkrut San Marco Juventina hingga dipercaya sebagai kapten tim di klub sepakbola ISM Academy.

Baca juga: Dari Ribuan Kampus, Lulusan Undip Tercepat Ketiga Dapat Pekerjaan

Diharapkan perkuat PS Undip

Tentunya, dengan hadirnya Emir di Undip diharapkan mampu memperkuat tim sepakbola Kampus Diponegoro yakni PS Undip.

"Kita berharap Emir mau memperkuat PS Undip yang juga aktif di kompetisi sepakbola nasional," ujar Wakil Rektor 1 Undip Bidang Akademik dan Kemahasiwaan, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol., Admin, P.hD., seperti dikutip dari laman Undip, Senin (7/9/2020).

Dijelaskan, Emir masuk Undip melalui jalur IUP (International Undergraduate Program). Jalur studi internasional yang cukup bergengsi yang memungkinkan mahasiswa untuk kuliah tamu di luar negeri dan mendapat rekognisi pembelajaran.

Adapun bentuknya bisa double degree, sandwich program, maupun collaborative degree sehingga yang bersangkutan bisa tetap kuliah meski berada di luar.

Menurut Prof. Budi, sejak beberapa waktu lalu Undip membuka Kelas Internasional Jalur Sarjana (S1) IUP (International Undergraduate Program).

Kelas ini dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus.

Kelas IUP juga dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X