Siswa MAN Insan Cendikia Sumsel Gapai Prestasi Ajang Matematika Internasional

Kompas.com - 03/09/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi matematika DOK. PIXABAYIlustrasi matematika

KOMPAS.COM - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), Muhammad Radja Adzka meraih prestasi di Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) 2020.

Pada ajang AIMO 2020 yang diselenggarakan secara daring ini, pemuda asal Palembang tersebut meraih medali perunggu.

Radja mengaku bersyukur bisa berkesempatan untuk mengikuti olimpiade. Karena, bisa menambah semangat untuk terus berkembang dan berkontribusi mengharumkan nama Indonesia.

Baca juga: Lagi, Di Tengah Pandemi Siswa Indonesia Raih Prestasi Ajang Olimpiade Biologi di Jepang

"Saya belajar keras buat ikut olimpiade. Saya masuk di klub matematika, saat belajar dibantu sama pembimbing yang ngajarin kita. Saya ingin terus berkembang, ikut olimpiade ini melatih saya untuk maju terus. Saya suka matematika," kata Radja dalam keterangannya mengutip laman Kemenag.go.id, Kamis (3/9/2020).

Prestasi di tengah pandemi

Radja berkompetisi dengan ratusan pelajar dari 18 negara lainnya di Agustus 2020 yang lalu.

Beberapa negara yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut, seperti Tiongkok, Hongkong, Macau, South Korea, Singapore, Indonesia, Malaysia, Thailand, The Philippines, Vietnam, Myanmar, Cambodia, India, Iran, Kazakhstan, Turkey, Bulgaria, and Brazil.

MAN IC OKI merupakan madrasah unggulan nasional berbasis Sains dan Teknologi. Di sekolah ini pun memang memiliki wadah bagi pelajar yang ingin mengembangkan minat dan keahliannya, seperti yang dilakukan Radja saat ini.

Saat sekolah di madrasah ini, Radja aktif menjadi anggota Klub Matematika. Adapun minat Radja pada matematika sudah terlihat saat mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sementara itu, Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal mengapresiasi siswanya yang berprestasi seperti Radja.

"Syukur Alhamdulillah, di tengah pandemi Covid-19 ini, siswa kita dapat memberikan kabar baik mengenai ajang lomba Internasional di bidang Matematika,” kata dia.

Kiagus Faisal berharap, dengan Radja ikut berkompetisi di AIMO 2020, maka bisa memacu motivasi murid lainnya untuk berkompetisi dan meraih banyak prestasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.