Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot RAISA ITS Siap Bertugas di Wisma Atlet untuk Rawat Pasien Covid

Kompas.com - 01/09/2020, 05:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Robot RAISA (Robot Medical Assistant ITS – Unair) bakal bertugas membantu tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

Nantinya, robot ini akan berkontak langsung dengan pasien yang berada dalam kondisi tidak bergejala berat dan masih bisa beraktivitas.

Tentu hal ini akan menjadi langkah positif karena perannya mampu membantu tenaga medis di RS Darurat Wisma Atlet Jakarta.

Baca juga: ITS Luncurkan Robot Raisa Terbaru untuk Disinfeksi Virus Corona

Ini juga untuk menunjukkan kepedulian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terhadap tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19.

Sebelumnya, Robot RAISA juga telah digunakan di beberapa RS. Antara lain RS Universitas Airlangga (RSUA), RSU Dr Soetomo, RS Husada Utama, dan RSUD Saiful Anwar Malang.

Bertugas di ruang isolasi pasien

Menurut Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Robot RAISA ini dipesan oleh Pertamina Group melalui PT ITS Tekno Sains, dan diserahkan untuk membantu tenaga medis di RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta yang saat ini ditangani oleh Kesehatan Kodam Jaya.

"Satu unit robot RAISA yang dikirimkan adalah tipe High Care Unit (HCU) untuk ruangan-ruangan isolasi penderita Covid," ujar Prof. Ashari seperti dikutip dari laman resmi ITS, Senin (31/8/2020).

Dikatakan, pasien-pasien yang dimaksud untuk dibantu penanganannya oleh robot ini ialah pasien yang dalam kondisi tidak bergejala berat dan tentunya masih bisa beraktivitas.

Adapun fitur utama yang dimiliki robot ini seperti dilengkapi komunikasi dua arah dengan media monitor. Tak hanya itu saja, RAISA juga mampu beroperasi selama delapan jam sehari untuk sekali pengisian baterai.

"Robot ini mampu mencegah tabrakan jika ada objek di depannya dan memberikan peringatan," papar rektor yang juga Guru Besar Teknik Elektro ITS ini.

Minimalisir penularan pada tenaga medis

Prof. Ashari berharap, inovasi ITS melalui RAISA, robot asisten rumah sakit ini bisa membantu negara dan masyarakat dalam penanganan Covid-19.

"Dengan robot ini diharapkan juga potensi penularan Covid-19 kepada para tenaga medis dapat lebih diminimalisir," harapnya.

Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT menambahkan, agar robot RAISA bisa digunakan, maka tim IT dari Wisma Atlet dan Kodam Jaya melakukan pelatihan.

"Pelatihan penggunaan dan perawatan robot RAISA ini dilakukan secara daring bersama tim teknisi robot RAISA ITS," katanya.

Baca juga: ITS Luncurkan iCar, Mobil Listrik Otonom Tanpa Pengemudi

Nantinya, robot ini akan dioperasikan di salah satu tower yang ada di RS darurat itu. Dengan harapan mampu membantu tenaga medis dalam penanganan pasien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com