Kompas.com - 01/09/2020, 05:27 WIB
Robot RAISA generasi terbaru penjaga ruang ICU Dokumentasi Humas ITS SurabayaRobot RAISA generasi terbaru penjaga ruang ICU
|

KOMPAS.com - Robot RAISA (Robot Medical Assistant ITS – Unair) bakal bertugas membantu tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

Nantinya, robot ini akan berkontak langsung dengan pasien yang berada dalam kondisi tidak bergejala berat dan masih bisa beraktivitas.

Tentu hal ini akan menjadi langkah positif karena perannya mampu membantu tenaga medis di RS Darurat Wisma Atlet Jakarta.

Baca juga: ITS Luncurkan Robot Raisa Terbaru untuk Disinfeksi Virus Corona

Ini juga untuk menunjukkan kepedulian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terhadap tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19.

Sebelumnya, Robot RAISA juga telah digunakan di beberapa RS. Antara lain RS Universitas Airlangga (RSUA), RSU Dr Soetomo, RS Husada Utama, dan RSUD Saiful Anwar Malang.

Bertugas di ruang isolasi pasien

Menurut Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Robot RAISA ini dipesan oleh Pertamina Group melalui PT ITS Tekno Sains, dan diserahkan untuk membantu tenaga medis di RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta yang saat ini ditangani oleh Kesehatan Kodam Jaya.

"Satu unit robot RAISA yang dikirimkan adalah tipe High Care Unit (HCU) untuk ruangan-ruangan isolasi penderita Covid," ujar Prof. Ashari seperti dikutip dari laman resmi ITS, Senin (31/8/2020).

Dikatakan, pasien-pasien yang dimaksud untuk dibantu penanganannya oleh robot ini ialah pasien yang dalam kondisi tidak bergejala berat dan tentunya masih bisa beraktivitas.

Adapun fitur utama yang dimiliki robot ini seperti dilengkapi komunikasi dua arah dengan media monitor. Tak hanya itu saja, RAISA juga mampu beroperasi selama delapan jam sehari untuk sekali pengisian baterai.

"Robot ini mampu mencegah tabrakan jika ada objek di depannya dan memberikan peringatan," papar rektor yang juga Guru Besar Teknik Elektro ITS ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X