Ingin Kuliah di Undip? Ada Pendaftaran Ujian Mandiri S1 Gelombang 2

Kompas.com - 31/08/2020, 11:32 WIB
Gedung Vokasi Undip menggunakan pembangkit energi tenaga surya, fasilitas pengolahan
limbah air secara mandiri dan ramah kaum difabel Dok. Humas Sinar MasGedung Vokasi Undip menggunakan pembangkit energi tenaga surya, fasilitas pengolahan limbah air secara mandiri dan ramah kaum difabel

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang belum lolos ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020, jalur seleksi Ujian Mandiri Universitas Diponegoro ( Undip) bisa dicoba.

Undip masih membuka seleksi Ujian Mandiri (UM) S1 gelombang kedua bagi lulusan SMA/SMK/MA dan sederajat tahun 2020, 2019 dan 2018 hingga 2 September 2020.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof Budi Setiyono mengatakan, dibukanya seleksi UM 2 program S1 karena animo dan antusias untuk kuliah di UNDIP masih tinggi.

"Dengan memperhatikan animo masyarakat, khususnya lulusan yang berniat kuliah di Undip, maka diputuskan untuk membuka seleksi UM 2 program S1," jelas Prof Budi seperti dilansir dari laman Undip, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Pendaftaran Kuota Gratis dari Kemendikbud Diperpanjang, Ini Caranya

Besarnya animo untuk kuliah di Undip dinilai tidak lepas dari prestasi dan kualitas lulusan.

Secara nasional, lulusan Undip menduduki peringkat tercepat ketiga dalam mendapatkan pekerjaan menurut lembaga pemeringkatan dunia QS Rangkings.

Sebagai universitas nomor 1 di Jawa Tengah, UNDIP mempunyai kelebihan pada mutu pendidikan, kualitas pelayanan dan lulusan yang siap kerja.

Selain itu, sebagai universitas riset, Undip banyak melahirkan pakar dan inovasi yang memberikan kemanfaatan untuk rakyat.

Didukung dengan laboratorium modern dan fasilitas pendukung melahirkan ahli-ahli di bidang sains maupun sosial yang turut berperan dalam pemecahan persoalan daerah dan mendukung kemajuan Jawa Tengah.

Baca juga: Menhan Resmikan Pendidikan Mahasiswa Baru S1-S3 Universitas Pertahanan

Adapun Pendaftaran UM 2 Undip dimulai tanggal 27 Agustus sampai 2 September 2020 secara online.

Seleksi berdasarkan portofolio yang diunggah yang dapat juga dilengkapi dengan prestasi yang diraih pada aplikasi yang sudah disediakan. Hasil seleksi UM 2 Undip akan diumumkan pada tanggal 4 September 2020.

Berikut informasi seputar UM 2 Undip:

Tanggal penting

  • Pendaftaran: 27 Agustus 2020 - 2 September 2020 pukul 12.00 WIB
  • Pengumuman: 4 September 2020

Baca juga: Beasiswa S1 Tanoto Foundation, dari Biaya Kuliah hingga Tunjangan Bulanan

Persyaratan peserta

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat, lulus ujian persamaan atau yang setara lainnya (paket c) tahun 2020, 2019 dan 2018
  • Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju
  • Usia maksimal 22 tahun

Tahapan pendaftaran

  • Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email.
  • Peserta mengisi data diri dan memiliki jalur pilihan UM S1.
  • Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk.
  • Peserta mengisi data portofolio melalui aplikasi
  • Peserta mencetak Kartu Pendaftaran

Informasi lebih lengkap dan pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://um.undip.ac.id/ 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X