Kompas.com - 25/08/2020, 15:56 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Memiliki anak yang terlahir sehat jasmani dan rohani tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Tetapi, bagaimana jika anak yang dilahirkan memiliki keterbatasan fisik.

Atau anak yang dilahirkan memiliki keterbatasan psikis, kemampuan otak yang berbeda dari anak-anak umumnya atau disebut anak berkebutuhan khusus (ABK).

Tentunya, banyak orang tua yang masih bingung bagaimana cara mengasuh anak tersebut. Padahal, meski dengan keterbatasannya, anak tersebut harus bisa tumbuh dengan mandiri.

Baca juga: Pakar Difabel UNS: Begini Pembelajaran di Rumah bagi ABK Saat Wabah Covid-19

Pada Webinar Orang Tua Berbagi: Rumahku Sekolahku Episode ke-8 yang diselenggarakan Direktorat PAUD, Sabtu (22/8/2020) dijelaskan bagaimana mengasuh ABK.

Fokus pada potensinya

Menurut Dyah M Sulystiati, praktisi PAUD dari Salatiga, Jawa Tengah, ABK membutuhkan pendampingan khusus dari berbagai pihak untuk meminimalisir berbagai hambatan.

"Caranya, orang tua perlu fokus pada potensinya, bukan pada disabilitasnya," ujar Dyah yang juga sebagai Tim Asessor BAN PAUD seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Senin (24/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan, setiap anak mempunyai hak yang sama seperti anak lainnya. Yakni bisa mandiri dan berprestasi sesuai potensi dan minatnya.

"Orang tua, keluarga, dan masyarakat wajib memenuhi hak-hak anak dalam segala aspek kehidupannya," kata Dyah.

"Lakukan segala upaya untuk menemukan minat dan potensi si anak, kalau perlu meminta pertolongan pada ahlinya dan bergabung dengan komunitas yang mempunyai masalah yang sama untuk saling tukar pengetahuan dan pengalaman," terangnya.

Diidentifikasi dan difasilitasi

Anak usia dini itu dalam tahap perkembangan semua aspek, yakni fisik dan psikis serta sosial. Semua aspek itu bisa tumbuh normal bila diidentifikasi, difasilitasi dan diberikan stimulus sedini mungkin.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.