Kompas.com - 23/08/2020, 09:08 WIB

KOMPAS.com - Pandemi global Covid-19 tidak menjadikan prestasi siswa Indonesia mengalami stagnasi. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Indonesia menggelar Asia-Pacific Informatics Olympiad (APIO) 2020.

Perhelatan APIO ke-14 bertajuk “Informatics for a Better Education and Life” ini digelar pada 14-21 Agustus 2020 dan diikut 852 siswa SMA dari 33 negara.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada bapak/ibu guru, orang tua peserta, Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA-TOKI) dan seluruh panitia serta pendukung pelaksanaan kegiatan APIO Tahun 2020," ujar Asep Sukmayadi Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), 21 Agustus 2020.

Asep melanjutkan, "semoga kita selalu bersemangat, sehat, dan tetap positif dalam menghadapi pandemi dan berbagai situasi dinamis di depan sana. Inilah saatnya kita bersatu, berkolaborasi, saling mendukung, dan berprestasi untuk meraih masa depan lebih baik." 

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Siswa Indonesia Toreh Prestasi Kejuaraan Debat Internasional

Prestasi tuan rumah

Tidak hanya sukses sebagai tuan rumah olimpiade informatika, siswa Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi di ajang internasional.

Dari 19 siswa wakil Indonesia, enam peserta dari Indonesia berhasil meraih 1 medali emas, 2 medali perak dan 3 medali perunggu. Kepala Puspresnas menyampaikan hasil ini merupakan hasil terbaik Indonesia dalam keikutsertaan di ajang APIO.

"Indonesia, tahun ini merupakan kesempatan kedua menjadi tuan rumah APIO, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada APIO tahun 2015," jelas  Ketua Panitia APIO 2020 Brian Marshal dari Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia.

Ia menambahkan, "APIO 2020 secara tidak langsung menjadi ajang pemanasan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaran International Olympiad in Informatics pada tahun 2022 yang akan datang."

Hal senada disampaikan Ketua Puspresnas.  Ia berharap, dengan adanya kompetisi pemrograman tahunan untuk pelajar sekolah menengah di Asia dan Pasifik ini.

"Para peserta dapat menambah pengalaman, meluaskan jaringan pertemanan dan peluang untuk bekerja sama di kemudian hari," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.