HUT RI ke-75, Kemendikbud Ajak Siswa Belajar lewat Gita Bahana Nusantara 2020

Kompas.com - 13/08/2020, 16:11 WIB
Salah satu penampilan Paduaan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara tahun 2016. DOK. KEMENDIKBUDSalah satu penampilan Paduaan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara tahun 2016.

KOMPAS.com - Pergelaran Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) selalu menjadi kegiatan rutin dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka-Jakarta.

Sayangnya dalam HUT RI Ke- 75 tahun ini, anggota GBN tidak bisa tampil seperti biasa di Istana secara langsung, lantaran masih adanya pembatasan kegiatan upacara kenegeraan di Istana Presiden Jakarta terkait pandemi Covid-19.

"Sehubungan dengan situasi pandemi saat ini, Paduan Suara dan Orkestra GBN yang sudah menjadi rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan tidak bisa tampil secara langsung di Istana," ungkap Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid melalui rilis resmi (13/8/2020).

Ia melanjutkan, "namun (GBN) akan tampil secara vitual dengan dikemas bertajuk Konser GBN."

Paduan Suara dan Orkestra GBN masih akan unjuk kebolehan melalui konser virtual yang ditayangkan di melalui TVRI pada 17 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Konser Gita Bahana Nusantara, Raisa dan Isyana Akui Kaget dan Merinding Diajak Bergabung

Jadi pembelajaran siswa

Dijelaskan Hilmar kehadiran putra putri terbaik perwakilan dari pelosok negeri salah satu pembuktian untuk menjaga semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda khususnya dalam menyemarakkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Meski saat ini kondisi bangsa belum pulih pascavirus corona, Hilmar menyampaikan semangat peserta GBN patut mendapat apresiasi melalui konser Paduan Suara dan Orkestra GBN 2020 dilakukan secara virtual.

"GBN bagi generasi muda menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi kreativitas generasi muda khususnya dalam bidang olah vokal dan seni musik, yang pada akhirnya mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme," ujar Hilmar.

Dirjen Hilmar menambahkan, gelaran konser virtual GBN 2020 juga menjadi upaya baik menghargai keberagaman, dan menguatnya jati diri dan karakter bangsa.

Bahkan tayangan tersebut bisa dijadikan pembelajaran siswa di rumah.

Kuatkan jati diri bangsa

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X