UGM Peringkat 19 Se-Asia Versi 4ICU

Kompas.com - 12/08/2020, 12:19 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta. ugm.ac.idKampus Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta.
|

KOMPAS.com - Berdasarkan penilaian dari lembaga pemeringkat 4 International Colleges & Universities ( 4ICU) tahun 2020, Universitas Gadjah Mada ( UGM) menduduki peringkat 19 perguruan tinggi di Asia.

Sedangkan jika di Indonesia, UGM menempati posisi pertama. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sivitas akademika UGM.

"Hasil ini menjadi penyemangat selama situasi pandemi, di mana pembelajaran mahasiswa dilakukan secara daring," ujar Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Widyawan, PhD, dikutip dari laman UGM, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Pakar UGM: Ini Kendala Utama Pembelajaran Daring di DIY

Manfaatkan teknologi untuk pendidikan

Dijelaskan, 4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas global yang mengukur keberadaan digital dan popularitas berdasarkan jumlah trafik web, kepercayaan terhadap konten, dan popularitas dari tautan web.

Di samping itu, pemeringkatan tersebut merupakan apresiasi dari lembaga pemeringkat internasional atas hasil kerja keras sivitas akademika UGM dalam memanfaatkan teknologi informasi di bidang pendidikan, pengajaran, dan riset.

"Karena peran IT semakin strategis, ranking ini menunjukkan pengakuan dunia internasional terhadap adopsi digital di UGM," katanya.

Menurut Widyawan, saat pandemi ini UGM lebih banyak memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatan perkuliahan, pengabdian, serta aktivitas lainnya.

"Sejak Maret lalu, UGM menerapkan proses belajar secara daring, yang juga masih akan berlangsung memasuki semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

Pembelajaran daring sebelum pandemi

Ternyata, untuk pemanfaatan sistem pembelajaran daring, di UGM sendiri bukan tahun ini baru diterapkan.

Namun, sebelum merebaknya pandemi Covid-19, UGM telah memiliki fasilitas sistem pembelajaran daring.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X